Merasakan Ruang Publik di Pekanbaru

By Trip Riau  |  29 Maret 2016 21:18:51 WIB  |  City Guide

Halama Mesjid Raya An-Nur sering dimanfaatkan sebagai ruang publik oleh warga Kota Pekanbaru. Foto: Muhammad Ridho/tripriau.com.

Pekanbaru, tripriau.com - Puluhan lansia melakukan senam di sebuah halaman luas berlapis keramik. Dengan gerak yang tak lagi sempurna, mereka berusaha mengikuti gerakan dari instruktur di depannya.

Rutinitas senam para lansia ini bisa ditemukan hampir tiap pagi di halaman Mesjid Raya An-Nur, Pekanbaru. Ruang publik yang cukup luas di area mesjid ini memang cukup sering dimanfaatkan warga kota untuk beragam aktivitas.

Tak mudah memang menemukan ruang publik yang luas dan nyaman di Pekanbaru. Mesjid Raya menjadi salah satu pilihan. Areanya cukup luas.

Tiap pagi dan sore hari tempat ini menjadi favorit warga kota untuk berolahraga maupun sekedar mengisi waktu luang.

Area pekarangan mesjid yang berada di pusat kota Pekanbaru ini total luasnya sekitar 400 x 200 meter persegi.

Pelataran mesjid terbesar di Riau ini memang menarik untuk didatangi. Area yang memungkinkan pengunjung untuk melakukan aktivitas jogging cukup luas. Pohon-pohon pelindung berbaris rapi menjadi peneduh suasana.

Arma (41), salah satu pengunjung mengatakan, ruang publik di Mesjid Raya An-Nur ini jadi tempat favoritnya untuk aktivitas luar ruang. Contohnya saja olahraga maupun sekedar jalan-jalan dengan teman dan keluarga.

‘’Saya rutin ke sini minimal tiga kali seminggu. Selain jarak dengan tempat tinggal juga dekat, area di sini cukup luas. Nyaman buat olahraga ataupun bawa anak main-main,’’ katanya.


Penulis: Rio Sunera



Tags:  -