Bakal Ada Tempat Nyantai Baru di Tepian Sungai Siak

By Trip Riau  |  05 April 2016 21:56:10 WIB  |  News

Penataan kawasan di Jalan Perdagangan atau jalan Kota Baru, Kampung Bandar, Senapelan. Foto: Muhammad Ridho/tripriau.com

Pekanbaru, tripriau.com - Tepian Sungai Siak, persisnya di kawasan sekitar Rumah Singgah, Jalan Perdagangan, Senapelan, Pekanbaru mulai berbenah.

Saat ini, persis di bawah jembatan Siak 3 tengah dibangun ruang publik berupa taman-taman. Area ini nantinya bisa menjadi pilihan masyarakat saat menikmati suasana tempo dulu di Kelurahan Kampung Bandar.

Ruang publik bernama Bandar Pesona ini dibangun antara Jalan Perdagangan dan Jalan Kota Baru. 

Pembangunan Bandar Pesona ini merupakan bagian dari Program Peningkatan Kwalitas Kawasan Pemukiman (P2KKP) Kelompok Swadaya Masyarakat Kampung Bandar.

Saat ini sudah berdiri sebuah toilet umum di sana. Dari maket yang ada dilokasi pembangunan, nantinya akan dibangun area bermain anak, area publik, area servis, parkir kendaraan, media informasi, pedestrian, penataan lampu, hingga tempat sampah. 
  
Kawasan sekitar pun sudah kelihatan cantik. Para penjual besi yang banyak berderet di sini sudah menambahkan ornamen melayu berupa selembayung di tokonya.

Pembangunan ruang publik yang di Kampung Bandar yang sedang berjalan. Foto: Muhammad Ridho/tripriau.com

Pemandangan ini makin memperkokoh identitas Melayu pada kawasan yang dikenal sebagai cikal bakal berdirinya kota Pekanbaru ini.

Pembangunan area publik ini bakal menjadi tempat tujuan baru warga kota mengisi waktu sore. Juga melengkapi beberapa fasilitas wisata yang sudah ada di sekitar kawasan.

Tak jauh dari lokasi pembangunan ini sudah ada tempat bersejarah berupa Rumah Singgah Tuan Kadi, serta taman-taman yang berada di tepian sungai Siak. 

Pada malam hari, pengunjung bisa menjajal wisata kuliner jagung bakar di tepian sungai Siak ini.

Rumah-rumah melayu bergaya lama yang masih bisa dijumpai di dekat Bandar Pesona, nantinya juga bisa menjadi daya tarik kawasan itu.

Penulis: Rio Sunera



Tags:  -