Siak Punya Taman Air Mancur Seindah ini

By Trip Riau  |  15 April 2016 00:48:50 WIB  |  Wisata Riau

Air Mancur yang berada di Taman Tengku Mahratu, persis di tepian Sungai Siak. Tepatnya di Jalan Sultan Ismail, tak jauh dari Istana Siak. Foto: Abdul Ronny / tripriau.com

Siak, tripriau.com - Bila sedang berkunjung ke Siak, jangan lupa menikmati keindahan Taman Air Mancur Tengku Mahratu di kota Siak Sri Indrapura. Kala malam, keberadaan air mancur ini kian meneguhkan pesona Siak sebagai kota wisata.  

Taman air mancur ini berdiri di kawasan Taman Tengku Mahratu, persis di tepian Sungai Siak. Tepatnya di Jalan Sultan Ismail, tak jauh dari Istana Siak.

Taman air mancur ini memiliki kolam yang cukup besar. Ukurannya lebih kurang 30 x 5 meter. Belasan pipa tempat pancuran air berdiri memenuhi kolam.

Bila malam, air mancur ini sangat indah. Tata cahayanya begitu menarik dengan lampu warna-warni. Air terlihat seakan menari dengan mengikuti irama lagu Zapin Berjoget maupun Mozart yang diputar.

Air Mancur ini sungguh cantik. Tak kalah dengan air mancur Sri Baduga di Purwakarta, Jawa Barat yang disebut-sebut terbesar di Asia Tenggara.  

Taman Air Mancur yang mulai dibuka tahun lalu, seakan menjadi ikon baru kota Siak Sri Indrapura. Kehadirannya menjadi daya tarik tersendiri bagi warga Siak.

Tapi, taman air mancur ini tak bisa dinikmati tiap malam. Air mancur cuma dinyalakan dua kali dalam sepekan, yakni malam minggu dan malam senin.

Menurut Bram, dari Dinas Pariwisata Seni Budaya Pemuda dan Olahraga Kabupaten Siak, air mancur ini biasanya mulai dinyalakan pada jam 8 malam dengann durasi tiga puluh menit.  

"Dinyalakan selama setengah jam. Biasanya malam minggu paling ramai,'' ujar Bram.

Penulis: Rio Sunera



Tags:  -