Enzim, Budaya Terapi Kesehatan Negara Maju

By Trip Riau  |  21 April 2016 13:57:46 WIB  |  News

Suplemen Well 3 ROYALZIM dari CNI. Foto: CNI for tripriau.com

Pekanbaru, tripriau.com – Tahukah Anda, bahwa raw food atau makanan mentah sebetulnya sumber makanan yang mengandung tinggi gizi seperti vitamin, mineral, karbohidrat kompleks, dan enzim aktif. Di negara-negara maju seperti Jepang dan Korea, raw food telah menjadi makanan pokok sehari-hari.  

Bahkan tidak hanya sebagai makanan, raw food juga diproses dan dikemas dalam berbagai bentuk terapi kesehatan seperti masker, kosmetik, pelembap, dan sebagainya. Di negara lain terapi kesehatan banyak dilakukan. 

Di Jepang, rumput laut lazim digunakan untuk membungkus sushi, makanan khas negeri sakura.

Uniknya, tidak semua orang ususnya dapat mencerna rumput laut sebaik orang Jepang. Setidaknya itulah penelitian terbaru yang menemukan bahwa pada bakteri usus orang-orang Jepang terdapat enzim yang membantu mencerna rumput laut, enzim yang tidak dimiliki oleh orang Amerika. Terlebih lagi, Jepang mungkin yang pertama memperoleh enzim ini dengan cara mengonsumsi bakteri yang berkembang pada rumput laut.

Kebanyakan bakteri yang ada dalam usus manusia cenderung menguntungkan ‘tuan rumah’. Beberapa mungkin memberikan mereka asupan kalori dengan cara memecah karbohidrat nabati yang tidak dapat dipecah oleh enzim.

Di Jepang, di mana sekitar 14 gram rumput laut dikonsumsi per orang setiap hari, beberapa dari karbohidrat yang dicerna berasal dari ganggang yang membungkus sushi gulung dan sebagai bahan dasar untuk dimasak menjadi sup dan salad.

Sejak “kesejahteraan” menjadi slogan Korea, diet dengan cepat menjadi ‘gemerlap’ kesehatan. Bahkan sekarang bukan hanya tentang menguruskan tubuh namun juga "detoksifikasi". Salah satunya melalui diet enzim.

‘B&F Enzim House’ Boss Park Po, 50, mengatakan, bahwa diet spa enzim mulai booming di Korea sekitar dua tahun lalu. Spa enzim yang dipopulerkan di Jepang pada tahun 1960, menjadi populer di Korea sebagai metode lain untuk menurunkan berat badan. 

Cara kerjanya yaitu dengan berendam hingga leher berada dalam fermentasi beras yang panas selama 15 menit dan mengeluarkankeringat (detoks).

Menurut Park, menggabungkan mandi dalam program diet spa perusahaannya dapat membantu memecah dan membuang lemak dengan meningkatkan aktivitas enzim dalam tubuh. Ini tentu menjadi prospek menggiurkan bagi pelaku diet yang enggan melakukan treadmill.

Di Indonesia, tempe merupakan salah satu makanan khas Indonesia. Makanan hasil olahan kacang kedelai ini juga disukai oleh hampir semua orang.

Tempe banyak direkomendasi dan dipromosikan sebagai salah satu makanan sehat. Walalupun harganya murah, tempe menjadi makanan yang kaya zat gizi dan memiliki banyak manfaat. Dalam 100 gram tempe mengandung 19 gram protein. Jumlah tersebut memenuhi 34% kebutuhan protein harian orang dewasa.

Protein dalam tempe dapat berfungsi untuk memelihara jaringan otot dan memproduksi enzim yang dibutuhkan sel-sel tubuh untuk menjalankan fungsinya.

Lima mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya menemukan potensi manfaat oncom dan tempe bagi kesehatan pembuluh darah manusia.

Dengan demikian, oncom dan tempe dapat mencegah thrombosis yaitu kasus kematian mendadak akibat adanya penyumbatan pembuluh darah akibat pembekuan yang terjadi di pembuluh darah vena bagian dalam dan pembuluh darah arteri.

Head of Product Marketing Department PT CNI Lingke Tirtakencana menjelaskan terapi Enzim yang efisien dan efektif juga didapat dari konsumsi suplemen, salah satunya suplemen Well 3 ROYALZIM dari CNI. Suplemen Well 3 ROYALZIM didapat dari biji-bijian nabati yang ditingkatkan enzimnya sampai dengan 470%.

Lingke menambahkan, Well 3 ROYALZIM sendiri adalah enzim kompleks, yang terdiri dari berbagai jenis enzim yang berguna untuk banyak hal, salah satunya adalah membantu proteksi atau daya tahan tubuh.

Beberapa jenis enzim dari Well 3 ROYALZIM, seperti enzim bromelain yang memiliki fungsi utama sebagai antiradang, yang mampu membentuk antibodi untuk melawan bakteri-bakteri jahat. Adapun jenis enzim SOD (Superoxide dismutase) dan enzim catalase yang memiliki fungsi sebagai anti tumor dan anti kanker.

Lingke mengatakan Well 3 ROYALZIM berperan sebagai katalisator nutrisi yang menambah jumlah enzim di dalam tubuh kita yang berfungsi untuk mempercepat penyerapan sari-sari makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Ada juga fungsi lain dari Well 3 ROYALZIM, yakni Anti inflammation & anti bacteria (Anti peradangan & anti bakteri-bakteri jahat), Blood cleansing (membersihkan dan melancarkan aliran darah), Cell regeneration (regenerasi sel), Digestion & absorption (membantu melancarkan penecernaan & penyerapan sari-sari makanan).

Mengingat pentingnya enzim bagi kesehatan, jangan ragu untuk mengonsumsi makanan maupun suplemen enzim. “Tubuh yang sehat berawal dari kecukupan enzim yang terpenuhi oleh tubuh,” tutup Lingke.(rls)

Editor: Rio Sunera



Tags:  -