Ayam Tumis Mas Edi, Rasa dan Nuansa Jawa di Pekanbaru

By Trip Riau  |  25 April 2016 11:40:34 WIB  |  City Guide

Ayam Kecap di Warung Ayam Tumis Mas Edi. Foto: Rio Sunera/tripriau.com

Pekanbaru, tripriau.com – Warung Mas Edi cukup akrab bagi pecinta kuliner di Pekanbaru. Hampir tiap hari, warungnya yang sederhana di Jalan Pattimura, Gobah selalu dijubeli pengunjung.

Edi Tukiyo, si pemilik, sudah cukup lama membuka warung makan di kawasan ini. Pria Jawa ini menyulap rumah papannya menjadi tempat makan. Nuansa Jawa begitu kental di Warung Mas Edi.

Dibagian dinding kayunya, tradisi Jawa berupa wayang dalam sebuah bingkai tampak tergantung. Di sisi dinding lainnya, terpajang foto-foto presiden dan mantan presiden Republik Indonesia dalam ukuran besar. Mulai dari Soekarno hingga Jokowi.

Lagu-lagu Jawa pun selalu menjadi teman setia pengunjung saat makan di Warung Mas Edi.

Nah, yang membuat Warung Mas Edi ramai pastilah menunya, yakni ayam tumis dan ayam kecap.

Pelayan Warung Mas Edi yang siang itu berbaju batik membawakan nasi dan lauk pauk yang diletakkan di dalam nampan. Isinya, seporsi nasi putih plus kerupuk, semangkuk sayur dan ayam kecap.

Sayurnya yang penuh kuah berisi irisan sawi dan kol. Rasanya enak dan segar, dengan kuah berwarna kuning kemerahan.

Sementara ayam kecapnya disajikan di sebuah piring kecil. Ayamnya dipotong kecil-kecil dan ditambahkan irisan tomat. Bumbu kecap pada potongan ayam yang lembut ini cukup enak. Dan pastinya rasa manis mendominasi. Cocok, untuk penggemar masakan Jawa yang menyukai cita rasa manis.

Tapi, sebenarnya penikmat masakan Mas Edi datang dari berbagai kalangan. Para penyuka makanan pedas juga kerap mampir kemari.

‘’Saya suka ayam kecapnya, enak. Ayamnya lembut dan matang. Kalau sedang berada di kawasan ini sering mampir di sini,’’ tutur Tata, salah satu pengunjung kepada tripriau.com.

Penulis: Rio Sunera



Tags:  -