Penginapan Tumbuh di Rupat Utara, Tapi Penjual Oleh-oleh Sulit Dicari

By Trip Riau  |  25 April 2016 13:48:58 WIB  |  News

Pantai Pesona Rupat Utara, diambil dari ketinggian. Foto: Abdul Ronny / tripriau.com

Pekanbaru, tripriau.com – Bila berkunjung ke Rupat Utara, tepatnya kawasan wisata Pantai Pesona, Desa Teluk Rhu, bisa dilihat penginapan maupun homestay untuk para wisatawan mulai tumbuh. Rata-rata dikelola oleh masyarakat yang memiliki tanah di tepi pantai.

‘’Kalau sebelumnya masyarakat belum berminat bangun wisma-wisma, Alhamdulillah, saat ini sudah mulai bangun. Di Rupat Utara ada 5 wisma. Ada yang terletak di Tanjung Medang, di ibukota kecamatan. Nah, yang sedang membangun (wisma) juga ada 4,’’ kata Kadisbudparpora Kabupaten Bengkalis H Eduar kepada tripriau.com, beberapa waktu lalu.

Eduar kerap menghimbau masyarakat yang punya tanah di tepi pantai, untuk secepatnya membangun penginapan agar gairah wisata di Rupat Utara muncul.

Tapi, berbeda kondisinya dengan wisma-wisma yang mulai tumbuh, penjual suvenir atau oleh-oleh justru susah ditemukan di Rupat Utara.

Hal ini pastinya menyulitkan para wisatawan yang ingin membawa oleh-oleh dari Rupat Utara. Padahal, keberadaan penjual oleh-oleh bisa dibilang wajib dimiliki sebuah destinasi wisata.

Rupat Utara sebenarnya memiliki banyak produk lokal, terutama kuliner, yang bisa dikembangkan sebagai oleh-oleh. Sebut saja terasi nya yang khas, yang dibuat dari udang Gagau yang banyak terdapat di sana.

Ada juga kerupuk Ikan Parang yang sering dibawa pulang oleh wisatawan. Rupat Utara juga punya kuliner enak berbahan sagu, yakni Abuk Abuk.

Sayangnya, wisatawan masih kesulitan mendapatkan oleh-oleh ini. Biasanya, pengelola penginapan akan menawarkan langsung kepada para pengunjung yang berminat.

Eduar menyampaikan, dirinya akan membina masyarakat untuk membuat suvenir. ‘’Kita punya potensi pandan. Orang di sini pandan dibikin tikar dan dijual ke Malaysia, ke Melaka tikar pandan kita. Nantinya (dijadikan suvenir) kenapa tidak,’’ sebutnya.

Penulis: Rio Sunera



Tags:  -