Berbagi Kiat dan Manfaat nge-Blog di Akademi Berbagi

By Trip Riau  |  30 April 2016 19:23:02 WIB  |  Community

Lianda Marta, saat memberikan materi pada kelas Akademi Berbagi, Sabtu (30/4), di Pekanbaru. Foto: Rio Sunera/tripriau.com

Pekanbaru, tripriau.com – Salah seorang blogger terkenal di Pekanbaru, Lianda Marta, berbagi pengalaman dan kiatnya selama 10 tahun menjadi seorang blogger, di Kelas Akademi Berbagi, Sabtu (30/4), di Pekanbaru.

Selama lebih kurang 30 menit, pemilik laman www.liandamarta.com ini menceritakan banyak hal menarik sejak mulai ngeblog pada tahun 2006.

Lianda bercerita, dia menjadikan blog sebagai jurnal pribadi yang bisa dibaca oleh semua orang. ‘’Menceritakan, tanpa kehidupan pribadi saya terbuka ke publik,’’ sebut perempuan 26 tahun ini.

Ada banyak hal yang membuat perempuan kelahiran Pekanbaru ini tertarik untuk ngeblog. Selain hobi, dia juga bisa berbagi, menuliskan pengalaman pribadi, hingga mempengaruhi banyak orang.

‘’Setelah 10 tahun dapat hal lain, yakni saya bisa sharing ke banyak orang. Banyak yang terbantu. Apa yang saya tulis juga bisa bermanfaat buat banyak orang,’’ paparnya.

Dia menceritakan kisahnya saat repot menyiapkan pernikahan beberapa waktu lalu. Saat coba mencari informasi di internet, ternyata nihil. Tidak ada satupun referensi persiapan pernikahan di Pekanbaru dia temukan di dunia maya.

‘’Padahal waktu itu butuh cari vendor dan segala macam. Kemudian saya tulis secara lengkap tentang persiapan pernikahan saya. Dan banyak orang yang baca. Karena cari di google ketemunya (blog) saya,’’ cerita Lianda.

Lucunya, dia justru mendapatkan undangan pernikahan dari salah seorang pembaca blog-nya. ‘’Dan itu gak kenal sama sekali. Dikirimkan undangan nikah. Mungkin dia merasa apa yang saya tulis berguna, sebab dia sedang mempersiapkan pernikahan juga,’’ cerita Lianda.

Banyak hal yang bisa ditulis dalam sebuah blog. Mulai dari aktivitas harian, informasi, review produk, maupun pemikiran dan gagasan.

Kepada Akberian yang tampak antusias pagi itu, Lianda juga berbagi kiat dalam mengembangkan sebuah blog. Banyak cara yang selama ini dipraktikkan perempuan berkerudung ini.

Konsistensi dalam menulis menjadi hal penting. Selain itu, para blogger juga mesti memperluas jaringan dengan bergabung di komunitas. Hal ini dirasakan oleh Lianda, meskipun tidak secara langsung.

Misalnya saja, saat pertengahan April lalu, dia dilibatkan dalam sebuah kegiatan fam trip Dinas Pariwisata Provinsi Riau. ‘’Walaupun tidak secara langsung itu karena blog, tapi itu berkat jaringan di komunitas,’’ tuturnya.

Lianda menambahkan, hal-hal seperti berbagi link tulisan, respek terhadap pembaca blog kita, serta terus belajar, juga sangat berguna dalam proses pengembangan blog.

‘’Usahakan untuk membalas tiap komentar dari pembaca. Selain itu, pihak sponsor biasanya juga sering menanyakan jumlah followers akun social media kita kalau mereka ingin produknya kita review di blog,’’ terang penyuka jalan-jalan ini.

Nah, selama lebih kurang 10 tahun ngeblog, pemegang gelar sarjana psikologi ini juga bercerita berbagai keuntungan yang dia dapat. Mulai dari teman baru, materi berupa uang, jalan-jalan gratis, hingga berbagai produk gratis.

Nah, tertarik untuk mulai ngeblog?

Penulis: Rio Sunera



Tags:  -