Mengenal Kebudayaan Jepang di Festival Bunkasai

By Trip Riau  |  01 Mei 2016 18:45:42 WIB  |  News

Festival Bunkasai yang digelar mulai dari 28 hingga 30 April 2016 di Kampus Bina Widya, Universitas Riau. Foto: Abdul Ronny / tripriau.com

Pekanbaru Tripriau.com – Mengenalkan sebuah kebudayaan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Festival Bunkasai yang diadakan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, FKIP, Universitas Riau merupakan salah satu cara untuk mengenalkan keunikan budaya negeri Sakura, Jepang.

Festival Bunkasai ini selalu digelar secara rutin. Bahkan, sudah menginjak tahun ke sembilan.

Selama tiga hari, mulai dari 28 hingga 30 April 2016, festival yang dilaksanakan di kampus Universitas Riau tersebut berlangsung penuh kemeriahan.

Tahun ini, kegiatan yang dibuka Konsulat Jenderal Jepang itu mengambil tema ‘’Midori’’ atau penghijauan. Berbagai kegiatan edukasi tentang penghijauan diselenggarakan oleh panitia. Seperti kuliah umum, hingga sosialisasi cara membedakan sampah.

Berbagai acara lainnya turut memeriahkan iven tahunan terbesar Prodi Bahasa Jepang tersebut.

Mulai dari Shuji/kaligrafi Jepang, speech contest, cosplay, kanji challenge, kana contest, rodoku, demo membuat sashimi oleh Enoki Japannese Restaurant, dan lomba makan onigiri.

Acara ini diikuti oleh banyak peserta, baik mahasiswa maupun pelajar sekolah menengah atas, baik dari Kota Pekanbaru hingga luar daerah. Foto: Abdul Ronny / tripriau.com

Beragam kegiatan lainnya juga ikut digelar, seperti, miss yukata, drama pendek Jepang berjudul momotaro, menggambar manga, kuliah umum & pemutaran film, origami, ranking 1 pelajar, lomba makan ramen, singing contest, dance cover, cerdas cermat, undoukai (olahraga), miss satori, hingga games tangkap ikan.

Acara ini diikuti oleh banyak peserta, baik mahasiswa maupun pelajar sekolah menengah atas, baik dari Kota Pekanbaru hingga luar daerah.

Rahma Melia Sari, selaku panitia acara mengungkapkan, bahwa tujuan acara ini untuk memperkenalkan keberadaan Prodi Bahasa Jepang. ‘’Dan sebagai upaya untuk mengakrabkan antar angkatan,’’ katanya kepada tripriau.com.

Penulis: Abdul Ronny

Editor: Rio Sunera



Tags:  -