8 Event Wisata di Riau Tahun ini yang Wajib Dikunjungi

By Trip Riau  |  02 Mei 2016 16:57:41 WIB  |  Wisata Riau

Bakar Tongkang di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir. Foto: tripriau.com

TRIPRIAU.com – Provinsi Riau punya banyak sekali event wisata. Tahun 2016 ini, hampir 20 event wisata yang bertujuan mendatangkan wisatawan dilaksanakan diberbagai daerah di Riau.

Dua event besar, yakni Festival Cian Cui di Kepulauan Meranti dan Guiness Book Record Bono sudah digelar dengan sukses Februari lalu. Bahkan, mampu mendatangkan puluhan ribu wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Nah, hingga akhir tahun nanti masih banyak event-event wisata besar yang bakal diadakan di Provinsi Riau. Kami merangkum 10 diantaranya:

 

  1. Festival Bakar Tongkang, Rokan Hilir (20-21 Juni 2016)

Ritual budaya masyarakat Tionghoa ini tidak boleh dilewatkan. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Festival Bakar Tongkang bakal dipusatkan di ibukota kabupaten Rokan Hilir, yakni Bagansiapiapi. Penyelenggaraan tahun ini bertepatan dengan bulan Ramadhan.

Selengkapnya baca: Melihat Kemeriahan Ritual Bakar Tongkang Bagansiapiapi

 

  1. Rupat Beach Festival , Bengkalis (16-17 Juli 2016)

Rupat Beach Festival atau Festival Pantai Rupat diadakan untuk mempromosikan destinasi wisata bahari yang ada di Pulau Rupat.

Festival tersebut biasanya dipusatkan di kawasan wisata Pantai Pesona, Desa Teluk Rhu, Rupat Utara, Bengkalis, Riau. Selain menikmati keindahan Pantai Pesona, pengunjung bisa menyaksikan beragam kegiatan kesenian dan budaya, Lomba Perahu Pancung, dan Winds Surfing.

 

  1. Festival Bokor, Kepulauan Meranti (22-23 Juli 2016)

 Bokor Festival diadakan rutin tiap tahun. Kegiatan wisata alam, pagelaran seni, menyusuri sungai sambil melihat mangrove, wisata buah lokal, dan beragam kegiatan seni budaya selalu memberi kemeriahan pada festival ini.

Festival ini biasanya dipusatkan di Desa Bokor, Kecamatan Rangsang Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti.

 

  1. Sampan Leper, Indragiri Hilir (1-2 Agustus 2016)

Bila biasanya pacu sampan diadakan di sungai, maka lomba pacu sampan di Indragiri Hilir ini sangat unik. Sebab, diadakan di atas lumpur. Inilah keunikan dari Sampan Leper, salah satu event wisata di Tembilahan, Inhil. Sampan yang digunakan merupakan perahu yang memiliki ukuran 1 x 3 meter dengan lantai dasar yang memiliki permukaan pipih dan datar.

 

  1. Festival Pacu Jalur, Kuantan Singingi (24-28 Agustus 2016)

Pacu Jalur Traditional Kuantan Singingi. Foto: tripriau.com

Festival Pacu Jalur tradisional merupakan tradisi asli nenek moyang masyarakat Kuantan Singingi yang sudah bertahan lebih dari 1 abad.

Lomba perahu terpanjang tersebut merupakan salah satu tradisi budaya di nusantara yang sangat unik.

Selengkapnya baca: Inilah Pacu Jalur, Lomba Perahu Terpanjang di Indonesia

 

  1. Tour de Siak, Siak (21-25 September 2016)

 Tour de Siak. Foto: Pemkab Siak for tripriau.com

Tahun ini, event balap sepeda internasional Tour de Siak memasuki tahun ke empat. Ajang balap sepeda ini melintasi berbagai daerah yang ada di Kabupaten Siak.

Tour de Siak merupakan cara pemerintah setempat mempromosikan Kabupaten Siak sebagai salah satu tujuan wisata lewat olahraga bersepeda.

Baca selengkapnya: Ayo ke Siak…Ada Event Internasional Tour de Siak

 

  1. Gema Muharram, Indragiri Hilir (1-2 Oktober 2016)

Event wisata religi yang digelar di kota Tembilahan, Indragiri Hilir ini selalu mendapat perhatian luas. Puluhan ribu masyarakat hadir di acara yang dipusatkan di Lapangan Gajah Mada, Tembilahan.

Rangkaian acara biasanya dimulai dari ceramah agama, buka puasa bersama, dan dilanjutkan membaca shalawat Nariyah bersama. Pembacaan shalawat berjamaah di acara Gema Muharram 1437 H berhasil tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan kategori jamaah terbanyak.

 

  1. Riau Marathon 21 K, Pekanbaru (11 Desember 2016)

Event sport tourism Riau Marathon ini merupakan gelaran perdana yang direncanakan digelar akhir tahun nanti di Pekanbaru.

Ayo, datang ke Riau dan catat baik-baik tanggal eventnya.

Seluruh jadwal kegiatan bersumber dari kalender event Provinsi Riau Riau tahun 2016 yang diterima dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau.

 

Penulis: Rio Sunera

 



Tags:  -