Disparekraf Riau Rangkul Komunitas untuk Promosikan Pariwisata

By Trip Riau  |  05 Mei 2016 10:15:56 WIB  |  News

Disparekraf menggelar Coffee Morning dengan sejumlah komunitas dan para blogger yang ada di Pekanbaru. Foto: Disparekraf Riau for tripriau.com

Pekanbaru, tripriau.com – Komunitas menjadi bagian penting dalam pengembangan pariwisata. Dalam sinergi Penta Helix ala Kementerian Pariwisata misalnya, komunitas masuk dalam lima elemen yang berperan penting dalam pengembangan pariwisata. Selain tentunya pemerintah, akademisi, pelaku bisnis, dan media.

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau juga berusaha memaksimalkan keberadaan komunitas. Sebagai langkah awal, Disparekraf menggelar semacam Coffee Morning dengan sejumlah komunitas yang ada di Pekanbaru, Rabu (4/5).

Pertemuan berlangsung santai dengan suguhan minuman dan camilan. Disparekraf diwakili Kepala Seksi Pengembangan Pasar Yul Achyar dan para staf bidang pemasaran.   

Sementara beberapa komunitas yang hadir diantaranya, Trail Run Pekanbaru, Fanbase My Trip My Adventure, Blogger Bertuah, Kongkow Nulis, Backpacker Pekanbaru, dan Kaskus. Lebih kurang 25 orang hadir pada pertemuan ini.

Acara yang berlangsung hampir 2 jam ini diisi dengan pemaparan potensi pariwisata Riau, dan sumbang saran dari komunitas yang hadir.

Yul Achyar menyampaikan, pihaknya siap menjadi tuan rumah yang baik serta merangkul keberadaan komunitas untuk memajukan pariwisata di Riau.  

‘’Kita siap merangkul kawan-kawan. Ke depannya, pertemuan ini bisa kita rutinkan. Paling tidak sekali dalam sebulan. Nantinya, kita juga bisa mengadakan kegiatan bersama-sama,’’ sebutnya.  

Di pihak komunitas, beragam gagasan, saran, dan kritikan untuk kemajuan pariwisata Riau juga banyak disampaikan. Misalnya saja, soal infratsruktur pariwisata, fasilitas, kepedulian pemerintah daerah, hingga keinginan agar ekowisata di Riau digarap secara serius.

Pentingnya peran internet dalam penyebaran informasi pariwisata Riau juga mengemuka dalam pertemuan ini. Ketua komunitas Blogger Bertuah Rido Faldana menyampaikan hal tersebut.

Menurutnya, keberadaan internet marketing perlu dimaksimalkan agar informasi pariwisata Riau mudah ditemukan di mesin pencarian. Sebab, tren saat ini, orang mencari informasi pariwisata dari dunia maya.

Penulis: Rio Sunera



Tags:  -