Long Weekend di Pekanbaru? Ini Tempat Berburu Oleh-olehnya

By Trip Riau  |  05 Mei 2016 13:47:46 WIB  |  City Guide

Pasar Wisata Pasar Bawah Pekanbaru. Foto: Abdul Ronny / tripriau.com

Pekanbaru, tripriau.com – Long weekend atau libur panjang kali ini rasanya sayang dilewatkan begitu saja. Berburu keindahan alam atau melancong ke sebua kota bisa jadi pilihan menarik menikmati waktu.

Nah, bila kebetulan mengunjungi Pekanbaru jangan sampai ketinggalan untuk membawa oleh-oleh dari kota ini. Sebagai kota yang banyak disinggahi, terutama untuk keperluan bisnis, Pekanbaru memiliki banyak pusat oleh-oleh.

Berbagai produk mulai dari suvenir hingga kuliner bisa dibawa pulang dari kota ini. Nah, berikut tempat berburu oleh-oleh menarik di Pekanbaru yang bisa didatangi:



1.  Pasar Wisata Pasar Bawah

Rasanya belum ke Pekanbaru kalau belum menjejakkan kaki di Pasar Wisata Pasar Bawah. Bagi wisatawan, kesempatan mengunjungi pasar wisata ini tidak boleh dilewatkan. Selain bangunannya yang unik dan punya nilai sejarah, banyak barang-barang menarik yang bisa dibeli. Lokasinya di ujung Jalan Ahmad Yani, Pekanbaru.  

Mulai dari makanan, barang pecah belah, kebutuhan rumah tangga seperti perlengkapan dapur, aksesoris, pakaian hingga barang-barang antik bisa kita temukan di Pasar Bawah. Makanan khas Melayu pun akan Anda jumpai di sini seperti bolu kemojo, lempuk durian, dodol kedondong, ikan salai, ikan asin dan lain-lain.

Selain itu, di pasar ini juga tersedia kerajinan khas Riau seperti batik Riau, kain songket khas Riau, baju melayu khas Riau dan sebagainya.


Baca selengkapnya: Menyambangi Pasar Wisata Tertua di Pekanbaru



2.  Mega Rasa

Mega Rasa, salah satu outlet oleh-oleh terlengkap dan terbesar di Pekanbaru. Foto: Muhammad Ridho / tripriau.com

Ini salah satu outlet oleh-oleh terlengkap dan terbesar di Pekanbaru. Lokasinya sangat strategis, berada di Jalan Sudirman. Satu arah bila Anda menuju Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim dari pusat kota.

Pancake Durian, Bolu Kemojo, dan Lempuk Durian menjadi oleh-oleh paling diburu di sini. Di Mega Rasa, Anda juga bisa membeli beragam oleh-oleh khas Riau lainnya.

Ada beragam varian kopi dengan brand Riau Roster, keripik ubi ungu, durian chips, keripik nangka, kue bangkit, kacang pukul, abon ikan patin, keripik kelapa jahe, dan masih banyak makanan khas Riau lainnya. Selain itu juga ada produk seperti souvenir, cinderamata, dan kaos khas Riau.


Baca selengkapnya: Lagi di Pekanbaru? Jangan Lupa Berburu Oleh-oleh di Mega Rasa

 

3.  Silungkang Art Centre

Mau belanja oleh-oleh dengan suasana yang nyaman dan lapang, Silungkang Art Centre bisa menjadi pilihan. Pusat oleh-oleh ini masih berada di Jalan Sudirman. Berada di sebelah kiri bila kita dari arah Bandara Sultan Syarif Kasim II, tak jauh dari flyover atau pertigaan Jalan Sudirman – Harapa Raya.

Mulai dari kain songket, baju-baju, pernak-pernik khas Pekanbaru, makanan tradisional hingga camilan khas Pekanbaru ada di sana.



4.  Vizcake

Vizcake merupakan salah satu oleh-oleh berupa kue dari Pekanbaru yang memiliki ciri khas dan keistimewaan yang berbeda. Keunggulannya adalah tekstur yang lembut, serta kualitas yang terjaga, higienis, alami, dan halal.

Berbagai produk oleh-olehnya antara lain, soft durian original, soft durian mini, kek pisang pandan, chesee, kek pisang blueberry, banana bread, vizcake roll durian, vizcake roll coklat, vizcake roll nenas, dan lapis Riau. harganya mulai dari Rp 12 ribu sampai Rp 57 ribu.

Vizcake sekarang punya tiga oulet di Pekanbaru, yakni di Jalan Sudirman, Jalan Hang Tuah, dan Jalan Gatot Subroto.



Penulis: Rio Sunera



Tags:  -