Bus Damri Beroperasi di Siak, Wisata ke Istana Siak Makin Mudah

By Trip Riau  |  12 Mei 2016 20:34:40 WIB  |  News

Peresmian Terminal Datuk Bathin Soi Bulan dan Mempura Jaya, Pelabuhan Siak Sri Indrapura, serta launching Angkutan Perintis Bus Damri jurusan Siak-Kandis. Foto: Humas Pemkab Siak for tripriau.com

TRIPRIAU.com - Bupati Siak Syamsuar, meresmikan pemakaian dua terminal dan satu pelabuhan di Kabupaten Siak, bertempat di Minas (12/05/16).

Gedung terminal baru yang rampung dibangun tahun 2015 yang lalu ini, masing-masing Terminal Datuk Bathin Soi Bulan yang terletak di Kecamatan Minas, dan Terminal Mempura Jaya di Kecamatan Mempura.

Sementara Pelabuhan Siak Sri Indrapura, berada di pusat ibukota negeri istana di Kecamatan Siak.  

 
Turut hadir menyaksikan seremonial peresmian itu Direktur Perum Damri Salmedri Usman, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau Rahmad Rahim, Kepala Dinas Perhubungan dan Infokom kabupaten Siak Kaharuddin, Pimpinan SKPD dilingkungan Pemkab Siak, Kepala Jasa Raharja Kabupaten Siak serta ratusan tamu undangan.

Selain meresmikan gedung terminal dan pelabuhan, Bupati Syamsuar dalam kesempatan itu juga meresmikan operasionalisasi Angkutan Perintis Bus Damri dengan rute Siak – Kandis.

Layanan transportasi publik ini dimaksudkan untuk mendukung aktivitas ekonomi masyarakat, sekaligus memfasilitasi minat wisatawan untuk datang ke Kota Siak Sri Indrapura.

“Mudah-mudahan dengan adanya Bus Damri ini, tidak ada lagi yang tidak bisa ke Siak dan melihat-lihat Istana,” kata Syamsuar.

Sebut orang nomor satu Negeri Istana ini, Bus Damri tidak hanya secara khusus melayani masyarakat di Kecamatan Siak dan Kandis saja, tapi juga akan memanjakan masyarakat yang tinggal disepanjang rute seperti di Kecamatan Minas, Tualang, Koto Gasib dan Dayun, dengan berbagai kenyamanan fasilitas yang ditawarkan.

“Keunggulan Bus Damri ini selain jadwal keberangkatannya yang teratur setiap jam 7 pagi dan jam 3 sore, adalah kenyamanan dan keamanan yang diberikan. Karena setiap armadanya dilengkapi pendingin udara, serta setting bangku yang nyaman’ kata Syamsuar.

Kata dia, bila dibandingkan dengan pengeluaran menggunakan jenis angkutan lain, ongkos yang dikeluarkan untuk menggunakan jasa Bus Damri ini juga jauh lebih murah.

“Daripada menyewa mobil untuk berangkat ke Siak, lebih baik naik Bus Damri yang tarifnya hanya 18 ribu rupiah. Jauh selisihnya,” seloroh bapak tiga anak ini.

Agar pelayanan transportasi ini berdampak jangka panjang bagi aktivitas perekonomian masyarakat, Syamsuar berharap semua pihak berperan aktif menjaga dan merawat keberadaan fasilitas transportasi publik ini.

Ia juga minta mutu pelayanan juga harus menjadi perhatian bersama.

“Semoga semua pihak nantinya bisa memberikan pelayanan yang terbaik, terlebih dalam menjaga keamanan dan keselamatan penumpang,” harapnya.

Sementara itu Direktur Damri Salmedri Usman mengatakan, pihaknya berkomitmen mendukung penuh upaya daerah dalam membangun sistem transportasi yang nyaman dan aman di Provinsi Riau dan Kabupaten Siak, melalui pelayanan terbaik.

“Saat ini, sudah ada tiga armada bus berkapasitas 25 penumpang yang akan melayani rute Siak – Kandis. Setiap pukul 7 pagi, armada tersebut akan berangkat melayani penumpang dari Siak dan Kandis, dan sore harinya pukul 3 sore akan kembali melayani penumpang dengan tujuan kembali ke pangkalan,” kata dia.(Rls)


Editor: Rio Sunera



Tags:  -