Maknyusnya Tempe Mendoan Wo Ai Ni, Kudapan Enak di Pekanbaru

By Trip Riau  |  14 Mei 2016 16:35:40 WIB  |  Culinary

Tempe Mendoan Wo Ai Ni yang punya motto 'Dijamin jatuh cinta' ini biasanya disajikan bersama cabai rawit dan sambal kecap. Foto: Abdul Ronny / tripriau.com

TRIPRIAU.com - Tempe sudah menjadi panganan familiar bagi orang Indonesia. Selain menjadi teman lauk-pauk, tempe juga kerap diolah jadi berbagai kudapan lezat.

Salah satunya yakni tempe mendoan. Tempe mendoan atau goreng tepung yang digoreng dalam minyak panas ini juga tidak asing bagi orang-orang.

Di Pekanbaru Anda juga bisa menikmati mendoan enak di Tempe Mendoan Wo Ai Ni, yang berlokasi di Jalan Soekarno-Hatta. Warung tempe mendoan ini mulai buka pada awal tahun 2016.

Di bagian depan warungnya yang didominasi kayu, berjejer tempe yang dibungkus daun pisang.

Wo Ai Ni memproduksi sendiri tempe yang akan diolahnya menjadi mendoan. Sehingga bisa menghasilkan ukuran lebih lebar dan tipis. Berbeda dengan ukuran tempe yang dijual dipasaran.

Bila ada pelanggan datang memesan, si pelayan akan membuka bungkus tempenya lantas dicelupkan dalam bumbu tepung yang berwarna kekuningan. Selain tepung, bumbu ini berisikan berbagai bahan seperti kunyit, potongan daun bawang serta seledri.

Tempe yang sudah dilumuri bumbu tepung kemudian digoreng dalam wajan yang berisi minyak panas. Tak butuh waktu lama, tempe lantas ditiriskan.

Pembeli bisa meminta agar tempe digoreng kering atau basah. Tergantung selera.

Bila memilih untuk dibawa pulang, tempe akan dibungkus dengan daun pisang. Persentuhan tempe hangat dan daun pisang akan menghadirkan aroma wangi yang makin menambah cita rasa tempe mendoan ini.

Selain bergizi rasa tempenya enak dan gurih. Sementara bumbu tepungnya cukup terasa. Teksturnya juga cukup lembut di lidah.

Tempe Mendoan Wo Ai Ni, yang berlokasi di Jalan Soekarno-Hatta. Foto: Rio Sunera / tripriau.com

Tempe Mendoan Wo Ai Ni yang punya motto 'Dijamin jatuh cinta' ini biasanya disajikan bersama cabai rawit dan sambal kecap.

Tiap gigitan cabai rawit yang pedas mampu menggoyang lidah. Sangat pas disantap bersama tempe mendoan.

Sambal kecapnya pun tak kalah nikmat dengan paduan rasa pedas dan manis. Bahannya menggunakan cabai rawit, kacang tanah dan kecap yang digiling bersamaan. Sambal ini kemudian dimasukkan dalam wadah berupa kendi yang terbuat dari tanah liat. Sehingga, cita rasanya lebih keluar.

Seporsi tempe mendoan yang berisi 5 buah tempe cukup merogoh kocek sebesar 15 ribu rupiah.

Tiap hari, Tempe Mendoan Wo Ai Ni bisa laku terjual hingga 150 porsi. ''Rata-rata tiap hari habis 150 porsi,'' kata Adna, karyawan Tempe Mendowan Wo Ai Ni kepada tripriau.com.

Tempe Mendoan Wo Ai Ni ini berlokasi di Jalan Soekarno-Hatta, tidak jauh dari pertigaan menuju Jalan Riau. Persisnya beberapa ratus meter setelah Sekolah Dharma Yuda. Sebuah plang bertuliskan 'Tempe Mendoan Wo Ai Ni' di pinggir jalan bisa jadi penanda.

Tempe mendoan ini mulai buka dari jam 9 pagi hingga jam 8 malam.

Selain tempe mendoan, di warung ini kita juga bisa menikmati beragam kudapan lainnya. Seperti, bakwan jagung montok, tahu bacem, tempe bacem, sambal goreng tempe, dan keripik tempe.

Penulis: Rio Sunera



Tags:  -