Cerita Dibalik Pohon Kurma di Mesjid An-Nur Pekanbaru

By Trip Riau  |  15 Mei 2016 22:12:12 WIB  |  News

Pohon kurma di Mesjid Raya An-Nur. Foto: Rio Sunera / tripriau.com

TRIPRIAU.com - Pohon kurma biasanya hanya bisa disaksikan tumbuh dan berbuah di jazirah Arab. Tapi di  Pekanbaru, tepatnya di kawasan Mesjid Raya An-Nur kurma yang dikenal memiliki banyak khasiat ini bisa dilihat tumbuh dan berbuah.

Fenomena ini berhasil menarik perhatian masyarakat. Tiap hari selalu banyak orang yang datang karena penasaran dengan keberadaan pohon kurma itu. Ada yang sekedar melihat-lihat, tapi ada juga yang berfoto-foto lantas diposting di media sosial.

Pohon kurma yang mirip pohon kelapa sawit ini berdiri diantara hamparan rumput jepang yang menghiasi halaman mesjid ini.

Di lokasi tersebut ada sekitar 5 batang pohon kurma yang tumbuh. Tapi cuma satu yang berbuah. Kurma yang tengah berbuah ini kini diberi pagar kayu dan kawat di sekelilingnya.

Diantara pohon kurma lainnya, pohon kurma yang berbuah ini memang memiliki ukuran lebih besar. Tingginya sekitar empat meter.

Disela pelepahnya, terlihat ada beberapa tandan buah kurma yang sedang berbuah. Ukurannya lebih kurang sebesar bola pingpong. Sebagian buahnya berwarna hijau, sebagian lagi berwarna kekuningan.

Salah seorang pengajar sekolah yang berada di lingkungan mesjid terbesar di Riau itu mengatakan, pohon-pohon kurma tersebut sudah mulai ditanam sejak 10 tahun lalu.

''Seingat saya 10 tahun lalu waktu saya pindah ke sini sudah ada," kata perempuan berhijab yang tidak menyebutkan namanya ini.

Katanya, pohon kurma tersebut bukan kali pertama ini berbuah. ''Sejak 3 tahun terakhir mulai berbuah. Tapi saya tidak pernah melihat kondisi masaknya seperti apa. Karena tiba-tiba sudah hilang saja. Tidak tau siapa yang mengambil," bebernya.

 
Penulis: Rio Sunera



Tags:  -