Rekreasi Seru di Kampung Wisata Tiga Dara

By Trip Riau  |  20 Mei 2016 15:12:39 WIB  |  City Guide

 Arowana Boutique Resto

TRIPRIAU.com – Kampung Wisata Tiga Dara bisa menjadi pilihan seru untuk rekreasi bersama keluarga. Pilihan atraksi wisatanya cukup banyak. Berbagai wisata edukasi yang disuguhkan juga sangat cocok untuk anak-anak.

Kampung Wisata Tiga Dara berlokasi di Jalan Kubang Raya, Kabupaten Kampar. Dari kota Pekanbaru hanya butuh waktu 15 hingga 20 menit untuk mencapai lokasi tersebut. Sehingga, sangat cocok bagi warga kota yang ingin mengisi libur akhir pekan bersama keluarga.

Kampung Wisata ini memadukan konsep hotel dan tempat wisata. Terutama wisata bernuansa alam. Banyak kegiatan dan fasilitas menarik di sini. Mulai dari memancing, memetik buah, berkebun, berkuda, menaiki ATP hingga berbagai fasilitas seperti flying fox, swimming pool, dan pusat konveksi.

‘’Berbagai kegiatan perusahaan seperti team building maupun fun games juga bisa digelar di sini,’’ kata Ridwan, salah satu pengelola Kampung Wisata Tiga Dara kepada tripriau.com.

Tempat wisata ini berdiri di areal yang cukup luas, lebih kurang 210 hektar. Namun, hanya sekitar 30 hektar yang dikomersilkan. Sisanya, merupakan areal yang dimanfaatkan untuk perkebunan.Penampakan Kampung Wisata Tiga Dara dari ketinggian. (Doc. tripriau.com)

Di bagian depan kampung wisata tersebut, berdiri sebuah hotel 5 lantai, dengan jumlah 60 kamar.  Hotel ini bisa dimanfaatkan untuk tamu yang menginap dan melakukan berbagai kegiatan di sini.

Tak jauh dari hotel, pengunjung bisa menemukan sebuah cafe dengan konsep outdoor. Tempatnya cukup nyaman. Konsepnya yang terbuka membuat angin selalu bertiup kencang di cafe tersebut.

Tempat makan bernama Arowana Boutique Resto ini memiliki 7 buah gazebo yang bisa dimanfaatkan pengunjung. Berbagai tanaman dan bunga-bunga cantik kelihatan mengelilingi sekitar gazebo. Terasa teduh dan nyaman. Suara air mancur dari kolam berukuran sekitar 15 x 4 meter yang ada di tengah-tengah gazebo membuat suasana makan di resto ini dijamin bikin bergairah.

Di gazebo, pengunjung bisa menikmati hidangan lezat dengan kursi bercorak warna-warni dan meja dari kayu. Cocok sekali untuk makan bersama keluarga.Bermain kereta air.juga bisa kita lakukan di Kampung Wisata Tiga Dara. (Muhammad Ridho/tripriau.com)

Bila memilih gazebo yang berada di sisi kanan, pengunjung bisa menyaksikan hamparan danau berwarna kehijauan dan anak-anak yang sedang bermain kereta air di atasnya.

Berbagai menu lezat bisa dinikmati di resto ini, seperti menu sepesial berupa Kubang Steamboat, Duck Burger, dan Nasi Goreng Kambing.

Ada juga chinnese food seperti, Kepiting Saos Padang, Kepiting Lada Hitam, Kepiting Asam Manis, Ikan Kerapu Steam, Ayam Saos Hongkong, Ayam Saos Hongkong, Udang Goreng Kipas, Udang Bakar dan sebagainya.

Ada juga pilihan minuman antara lain, Strawberry Mojoito, Lychee Mojoito, Kiwi Mojoito, Blue Passion, Frozen Violet, Ice Lemon Tea, Lemon Squash, serta berbagai varian kopi dan jus.  

Banyak spot menarik yang bisa dieksplor di kampung wisata ini. Setelah melihat-lihat resto ini, pengunjung bisa berjalan kaki menuju bagian belakang kawasan. Suasananya cukup teduh. Area pemancingan serta pohon mangga yang berjejer rapi menghadirkan pemandangan menarik.Suasana yang asyik menyantap hidangan di Arowana Boutique Resto. (Muhammad Ridho/tripriau.com)

Di kolam pemancingan ini, pengunjung bisa memancing berbagai jenis ikan, seperti nila, lele, patin, hingga gurame. Setiap 1 kilogram ikan yang berhasil didapat, pengunjung bisa membayar Rp 30 ribu. Pihak pengelola juga menyediakan jasa sewa alat pancing.

Di sisi bersebalahan, ada sebuah danau yang biasanya dimanfaatkan pengunjung untuk bermain kereta air. Dipinggir danau juga ada permainan outdoor seperti flying fox yang bisa dimanfaatkan pengunjung.

Di bagian belakang, ada sebuah kolam renang berukuran cukup besar. Beberapa bangunan tempat bersantai di sekitar kolam juga mampu menampung pengunjung dalam jumlah besar. Untuk berenang, anak-anak dikenakan tarif Rp 10 ribu, sementara dewasa Rp 20 ribu. Kolam renang ini mulai beroperasi dari jam 7 pagi sampai jam 6 petang.Bagi Anda yang suka berenang, di Kampung Wisata Tiga Dara juga terdapat kolam renang yang luas. (Muhammad Ridho/tripriau)

Puas berenang, pengunjung bisa mengeksplorasi sudut-sudut lainnya di kawasan ini. Salah satunya kebun buah, seperti buah naga, jambu, dan mangga. Saat buah-buah ini tengah berbuah, pengunjung bisa ikut memanen. ‘’Itu bisa dihitung per kilogram buah yang dipanen,’’ kata Ridwan.  

Untuk anak-anak, bisa merasakan serunya belajar sambil bermain di Kampung Wisata Tiga Dara. Anak-anak bisa mengenal lebih dekat makhluk hidup dan alam sekitar, mulai dari berkebun, memelihara ikan, berternak sapi sekaligus bercocok tanam. Tarif wisata edukasi untuk anak-anak ini mulai dari Rp 20 ribu. ‘’Untuk berkebun yang bisa kita tanam itu cabai, terong, dan bawang,’’ ujar Ridwan.

Atraksi seru lainnya di tempat wisata ini adalah berkuda dan naik bendi. Untuk bisa menikmati keseruan menunggang kuda pengunjung dikenakan biaya Rp 30 ribu per 15 menit. ‘’Tapi sebelumnya, pengunjung terlebih dahulu diajarkan tata caranya (berkuda). Sementara untuk bendi, pengunjung hanya bisa menikmatinya di akhir pekan,’’ sebutnya.

Tak susah menuju lokasi kampung wisata ini. Bagi warga Pekanbaru pun tidak butuh waktu lama untuk sampai di Jalan Kubang Raya, lokasi wisata ini. Dari persimpangan antara Kubang Raya dan  menuju Teratak Buluh cuma butuh waktu 5 menit berkendara.

Penulis: Rio Sunera



Tags:  -