Ayo Menabung di Bank Sampah!

By Trip Riau  |  24 Mei 2016 06:37:58 WIB  |  News

Ilustrasi (www.kompasgramedia.com)

TRIPRIAU.com – Menabung di bank sampah bisa menjadi salah satu cara untuk menghargai bumi. Dengan memperlakukan sampah sebagaimana mestinya, kita sudah ikut menjaga kebersihan lingkungan serta mewariskannya kepada anak cucu.

Bank sampah sendiri merupakan tempat pengumpulan sampah kering yang sudah dipilah. Sampah tersebut akan akan didaur ulang atau dikirimkan ke pengepul yang lebih besar oleh pengelola bank sampah.

‘’Setiap sampah yang kita tabung akan bernilai rupiah sesuai jenis dan berat sampah yang ditabung,’’ papar Duta Lingkungan Pekanbaru Michiko Frizdew.

Lantas, bagaimana cara menabung di bank sampah? Ada beberapa tahapan yang bisa dilakukan. Pertama, lakukan pemilah-milahan sampah di rumah dengan menyesuaikan daftar sampah yang diterima dari bank sampah. Selanjutnya, silakan antar sampah yang sudah terkumpul ke bank sampah.

Sampah yang terkumpul akan ditimbang dan dicatat oleh pengelola bank sampah di buku rekening nasabah. Selang beberapa bulan, hasil tabungan di bank sampah bisa diambil.

Michiko juga menjelaskan beberapa keuntungan menabung di bank sampah. Diantaranya, bisa dapat uang jajan tambahan, dan mengurangi beban Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

‘’Selain itu, ikut menjaga bumi lebih baik karena sampah yang sulit diuraikan telah diperlakukan semestinya,’’ tutur Michiko.

Lalu, di mana kita bisa menabung di bank sampah? Tempatnya cukup banyak. Salah satunya, bisa mendatangi Bank Sampah Bukit Hijau Berlian Kecamatan Tampan, Pekanbaru. Letaknya di kantor Camat Tampan, atau di sebelah Mapolsek Tampan. Atau bisa terlebih dulu menghubungi nomor: 0813-6540-0320.

Ayo, menabung di bank sampah!

Penulis: Rio Sunera



Tags:  -