Pesan Pendiri Bukalapak Kepada Pebisnis Pemula di Pekanbaru

By Trip Riau  |  28 Mei 2016 10:41:00 WIB  |  News

Dialog Interaktif Ekonomi Kreatif.(Jalaluddin/tripriau.com)

TRIPRIAU.com – Salah seorang pendiri situs E-Commerce terbesar di tanah air Bukalapak.com Muh. Fajrin Rasyid mengajak para anak muda di Pekanbaru untuk memulai bisnis dari langkah kecil. Para pebisnis pemula disarankan untuk membangun reputasi bisnisnya terlebih dahulu.

Hal tersebut disampaikan Fajrin saat menjadi pembicara pada acara Dialog Interaktif ‘’Ekonomi Kreatif: Tantangan dan Peluang di Riau’’ yang diadakan Ikatan keluarga Alumni (IKA) FISIP, Universitas Riau, Kamis (26/5), di Pekanbaru.  

Fajrin menuturkan, akan sangat sulit bagi perbankan mengeluarkan uang untuk usaha yang belum punya reputasi. Bukalapak.com pun mengalami hal yang sama di masa awal merintis bisnisnya.

‘’Kita harus start small (memulai dari yang kecil). Bukalapak terakhir dapat investasi ratusan miliar. Tapi itu tidak serta merta langsung dapat. Modal awalnya paling 20 juta. Tapi kita membangun reputasi terlebih dahulu,’’ papar pria berkacamata ini.

Menurutnya, bisnis butuh modal besar, tapi alangkah baiknya memulai dari yang kecil. ‘’Saran saya start small. Bangun reputasi. Kalau start small berhasil, mudah bagi kita untuk mendapatkan modal besar,’’ sarannya.  

Dia membagi kisah, dulunya Bukalapak.com hanya bermodalkan laptop, sebuah ruangan kerja, dan tenaga freelance. Mereka fokus membangan reputasi. Ketika Bukalapak.com menjadi besar, datang investor yang menggelontorkan modal.

Fajrin membagi trik agar anak-anak muda di Pekanbaru bisa memulai bisnis, meskipun tidak punya modal uang. Caranya, dengan memanfaatkan toko offline yang punya produk bagus tapi pemiliknya tidak melek teknologi.

‘’Banyak toko offline yang punya produk bagus dan unik. Yang pemiliknya udah senior dan gak paham teknologi. Kita manfaatkan untuk jadi agen. Bisa diterapkan sistem konsinyasi. Datangi, Pak, boleh kita foto produknya? Trus, kita bisa jual di Bukalapak.com. Gak perlu modal,’’ papar pria yang kini menjabat Chief Finance Officer (CFP) di Bukalapak.com ini.  

Penulis: Rio Sunera

 

 



Tags:  -