Ayo Naik Bus Trans Metro Pekanbaru!! Adem dan Nyaman

By Trip Riau  |  30 Mei 2016 11:44:15 WIB  |  News

Bus TMP berukuran besar terlihat di Halte Ramayana, Jalan Sudirman, Pekanbaru. Foto: Dok.tripriau.com

TRIPRIAU.com - Sempat menghilang beberapa waktu, saat ini bus Trans Metro berukuran besar sudah terlihat berseliweran di jalanan Pekanbaru. Kehadiran bus TMP ini menarik perhatian pengguna transportasi umum di Pekanbaru.

Bus baru berjumlah 50 unit ini merupakan bantuan Kementerian Perhubungan. Namun, saat ini baru sekitar 7 unit bus yang dioperasikan. Bus baru ini juga baru melayani trayek Pelita Pantai – Pandau Permai. Sabtu (28/5) lalu, Tripriau.com berkesempatan menjajal bus baru ini.

Siang itu Tripriau.com menunggu di halte Ramayana, Jalan Sudirman. Selang beberapa menit sebuah bus TMP yang baru, dengan warna biru mengkilap berhenti persis di depan halte. Satu persatu penumpang masuk dengan tertib dipandu oleh sang pramugara.

Sebuah stiker ajakan bertuliskan ‘’Ayo Naik Bus, Biar Gak Bikin Macet’’ tertempel di sisi samping bus ini. Bus kemudian melaju pelan di Jalan Sudirman yang cukup padat siang itu.

Bus kemudian berputar di u-turn di dekat sebuah restoran cepat saji atau persis sebelum lokasi pembangunan fly over di ujung Jalan Sudirman.

Bus baru ini ternyata sangat nyaman. Kapasitasnya 30 tempat duduk. Sementara penumpang berdiri sudah disediakan pegangan tangan untuk masing-masing orang.

Pengguna transportasi di Pekanbaru sedang masuk ke dalam bus TMP berukuran besar di Halte Ramayana, Jalan Sudirman, Pekanbaru. Foto: tripriau.com

Saat berada dalam bus, penumpang bisa merasakan interior yang nyaman, bersih, dan lapang. Air Conditioner (AC)-nya juga sangat dingin. Aroma wangi juga memenuhi bagian dalam bus. Pengguna armada TMP ini juga dimanjakan dengan kursi busa yang empuk.

Saat cuaca Pekanbaru begitu terik siang itu, penumpang bus TMP justru merasakan suasana adem. Beberapa penumpang bahkan tampak tertidur pulas.

Bus TMP berjalan pelan siang itu. Sebab di akhir pekan ruas Jalan Sudirman selalu mengalami macet. Di setiap halte yang akan disinggahi sang pramugara memberitahu kepada penumpang. Baik di halte transit maupun pemberhentian. Hal ini memudahkan penumpang, di mana hendak berhenti maupun transit untuk melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan.

Dalam bus yang ditumpangi Tripriau.com, juga ada sebuah keluarga yang sengaja naik bus TMP untuk keliling kota dan merasakan nyamannya bus baru ini.

Amril (41), beserta istri dan dua anak laki-lakinya begitu menikmati suasana nyaman di bus Trans Metro Pekanbaru. Mereka naik dari Halte Ramayana kemudian singgah dipemberhentian Perumahan Pandau Permai, Siak Hulu, Kabupaten Kampar. Setelah itu, mereka kembali lagi ke halte semula.

‘’Ya, ngajak istri dan anak merasakan naik Trans Metro. Kita keliling-keliling aja. Nanti balik lagi ke tempat semula,’’ katanya.

Di dalam bus, keluarga ini terlihat seru-seruan. Beberapa kali sang ayah, mengeluarkan kamera ponselnya dan memotret istri dan anaknya yang memang kelihatan antusias menggunakan moda transportasi umum ini.

Penulis: Rio Sunera

 

 

 

 



Tags:  -