Tips Traveling di Bulan Puasa

By Trip Riau  |  08 Juni 2016 13:37:13 WIB  |  News

Mesjid Jami' Air Tiris, Kampar, Riau salah satu wisata religi di negeri Serambi Mekah.(Dok.Tripriau.com)

TRIPRIAU.com - Banyak orang yang sangat suka pergi ke tempat-tempat baru, melihat pemandangan indah, lalu mengabadikan momen spesial itu dengan orang-orang tercinta. Namun, ketika bulan penuh hikmah, Ramadhan datang, banyak orang yang ragu untuk menjalani hobi travelingnya itu karena takut akan mengganggu ibadah mereka.

Kamu gak perlu berpikiran seperti itu. Kamu tetap bisa beribadah dengan khusyuk ketika kamu traveling di bulan puasa. Karena sesungguhnya ibadah bukanlah penghalang untuk melakukan aktivitas. Asalkan kamu tahu cara bijak menyikapinya.

Nah, dikutip dari situs aylacream.com, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar traveling di bulan puasa tetap menyenangkan:

1. Tujuan traveling

Karena travelingmu dilakukan dibulan puasa yang penuh berkah, kenapa kamu tidak coba traveling ke tempat-tempat yang mengandung suasana spiritual. Misalnya, kamu bisa napak tilas kisah para nabi dengan berkunjung ke tempat-tempat asal para nabi. Saat berada di Riau kamu bisa mengunjungi Mesjid Raya An-Annur yang megah di kota Pekanbaru, di Kabupaten Kampar kamu bisa mendatangi Mesjid Jami' Air Tiris yang penuh sejarah, atau berwisata religi ke Islamic Center yang ada di Kabupaten Rokan Hulu.


2. Perhatikan bawaan

Karena kamu dalam keadaan berpuasa, yang berarti asupan energimu tidak sebanyak ketika kamu berpuasa, maka kamu cukup bawa barang yang benar-benar kamu butuhkan saja. Kamu kemas sebaik mungkin dan gunakan traveling gears yang ringan agar mempermudah kamu membawanya. Kamu cukup membawa tas kecil saja ketika berkeliling.

3. Perhatikan sahur

Jangan pernah melewatkan sahur karena itu sumber energimu untuk traveling di siang hari. Jangan lupa juga untuk banyak minum air putih dan suplemen bila perlu ketika sahur. Agar kamu tetap sehat saat traveling walau sedang berpuasa.

4. Ibadah dan Istirahat

Di bulan Ramadhan sangat dianjurkan untuk banyak melakukan ibadah. Kamu dapat memanfaatkan momen Ibadah itu juga untuk beristirahat sejenak dari jalan-jalanmu. Kamu bisa langsung singgah di masjid ketika mendengar adzan dan melakukan shalat dilanjutkan dengan tadarus dengan mengandalkan smartphone kamu. Setelah selesai, kamu bisa lanjut lagi jalan-jalan di bulan puasamu.

Editor: Rio Sunera



Tags:  -