Menikmati Beting Aceh, Pulau Kecil nan Cantik di Rupat Utara

By Trip Riau  |  20 Juni 2016 16:18:56 WIB  |  Wisata Riau

Pulau Beting Aceh di Rupat Utara.(Abdul Ronny/tripriau.com)

TRIPRIAU.com - Kalau sudah berada di Rupat Utara rasanya sayang melewatkan kesempatan untuk mengunjungi Pulau Beting Aceh. Sebuah pulau kecil nan cantik dengan pantai berpasir putih.

Pulau Beting Aceh ini merupakan salah satu pulau terluar di Indonesia. Posisinya berada di hamparan Selat Malaka. Selain unik, pulau ini jua cukup 'instagenic'. 

Pulau kecil dengan luas hanya sekitar 2 hektar ini sangat menarik. Hamparan pasir putih membentang di antara laut yang berwarna kebiruan.

Di tengah pulau terlihat deretan pohon cemara laut berjejer. Bila cuaca sedang panas, pohon-pohon ini menjadi tempat pengunjung berlindung dari sengatan matahari.

Ada fenomena unik di pulau tersebut. Pantainya yang berpasir putih akan mengeluarkan suara berderit ketika diinjak. Orang menyebutnya 'Pasir Berbisik'.

Beberapa rekan yang mengunjungi pulau ini sempat merekam fenomena langka tersebut.

Dari penuturan Kadis Pariwisata Kabupaten Bengkalis Eduar, pulau ini terbentuk karena adanya sedimentasi air laut yang membawa pasir menumpuk hingga menjadi sebuah pulau.

''Beting artinya gundukan pasir memanjang, namun karena berlangsung lama akhirnya membentuk sebuah pulau," jelasnya.

Sementara kata 'Aceh' sendiri diambil karena menurut cerita, dulunya pernah ada nelayan asal Aceh terdampar di situ.

''Di sebelah sana itu ada namanya Pulau Babi,'' kata Eduar sambil menunjuk sebuah pulau dikejauhan.

Dari Pantai Pesona, salah satu titik yang banyak didatangi wisatawan, hanya butuh waktu 30 menit pakai speedboat untuk mencapai lokasi.

Bila beruntung, dalam perjalanan kita bisa menyaksikan kawanan lumba-lumba menampakkan diri di lautan lepas.

Pengunjung yang hendak mengunjungi pulau kecil ini bisa menyewa speed boat yang ada di Pantai Pesona, Desa Teluk Rhu, Rupat Utara.

Selama perjalanan ke Beting Aceh pengunjung akan disuguhkan pemandangan perahu-perahu nelayan sedang menangkap ikan. Sesekali terlihat juga kapal-kapal besar sedang melintasi lautan lepas.

Waktu terbaik untuk singgah di Pulau Beting Aceh adalah sore hari. Di waktu tersebut kita bisa menunggu datangnya momen matahari tenggelam atau sunset.

Selain itu, pada sore hari kita juga bisa menyaksikan burung-burung migran yang melintasi kawasan ini.

Penulis: Rio Sunera

 



Tags:  -