Cara Gerobak Sayur Agar Pelayanan Tetap Prima Selama Ramadhan

By Trip Riau  |  22 Juni 2016 16:16:39 WIB  |  News

Gerobak Sayur, sebuah bisnis jasa yang memiliki moto ''Dapur Dalam Genggaman''.

TRIPRIAU.com - Bisnis jasa Gerobak Sayur, yang menjadi penghubung antara - konsumen dan pedagang di pasar menghadapi lonjakan permintaan pada bulan Ramadhan.

Sang owner Fadli Yusra menuturkan, tren permintaan naik sekitar 25 persen dibanding hari biasa.

Fadli mengungkap ada beberapa faktor yang menyebabkan kebutuhan masyarakat terhadap bisnisnya meningkat.

''Pertama, orang malas ke pasar setelah sahur. Biasanya target market kita tidur setelah mereka sahur, itu pengakuan dari mereka sendiri,'' sebutnya.

Faktor lain, di bulan puasa kebutuhan masyarakat biasanya akan meningkat. Terutama untuk persiapan buka bersama dan sahur bersama.

''Selain itu, ya karena kita dapat pelanggan baru, seiring dengan berjalannya waktu,'' ujar Fadli kepada tripriau.com.

Supaya tetap bisa memberikan pelayanan prima di tengah lonjakan bisnisnya, Fadli melakukan beberapa cara.

Pertama, saat ini dirinya memerlakukan sistem order dua hari sebelum pengantaran. ''Dengan compliment free ongkir. Itu sudah diterapkan,'' kata Fadli.

Selanjutnya, untuk mempermudah proses pengiriman barang ke tangan konsumen, Fadli tengah menjajaki kerjasama dengan pihak ketiga. Ke depan, dia ingin memanfaatkan jasa kurir untuk mengirimkan barang.

''Untuk next, kita pakai pihak ketiga untuk pengantaran. Masih dalam tahap nego karena harga B2B (Business to Business) belum dapat," ujarnya.

Fadli menambahkan, pada bulan Ramadhan permintaan terhadap daging dan ayam kampung sedikit mengalami peningkatan.
''Untuk daging mungkin karena lagi musimnya rendang. Kalau ayam kampung biasa di order orang Tionghoa, katanya untuk sembahyang," tambah Fadli.

Tapi secara keseluruhan, tidak ada jenis kebutuhan yang mendominasi permintaan konsumen di Ramadhan ini. ''Hanya volume dan pelanggan baru yang bertambah,'' katanya lagi.

Di bulan puasa jam pengantaran Gerobak Sayur juga tidak mengalami perubahan. Seperti biasa, pengantaran pagi antara jam 9-11 WIB dan pengantaran sore jam 16-18 WIB.

Gerobak Sayur bisa ditemukan di social media Instagram dengan akun: @gerobaksayur_pku dan Line: @hpu9086b.


Penulis: Rio Sunera



Tags:  -