Pasar Kain Sukaramai yang Menjadi Favorit Wisatawan Malaysia

By Trip Riau  |  22 Juni 2016 16:26:29 WIB  |  News

Salah satu aktivitas di kios pakaian di Pasar Sukaramai, Pekanbaru.(Dok.tripriau.com)

TRIPRIAU.com - Seperti tahun-tahun sebelumnya, salah satu produk yang paling diburu menjelang lebaran adalah pakaian. Seperti sudah jadi tradisi menjelang momen lebaran, pusat penjualan pakaian akan ramai pembeli.

Salah satu yang menjadi tempat favorit warga Pekanbaru untuk berburu baju lebaran adalah Pasar Sukaramai yang berlokasi di Jalan Sudirman.

Sudah sejak lama Pasar Sukaramai yang berdiri tahun 1999 ini dikenal sebagai pusat penjualan kain dan produk turunannya.

Selain warga lokal, Pasar Sukaramai yang juga sering disebut Pasar Pusat ini ternyata juga menjadi tempat favorit wisatawan Malaysia berburu produk fesyen.

Hal ini disampaikan Ridwan Bram, salah seorang pengelola travel agent di Pekanbaru.

''Wisatawan Malaysia senang belanja pakaian di Pasar Sukaramai. Kalau ke Pekanbaru selalu ke sana,'' kata Ridwan yang kerap membawa rombongan tur asal negeri jiran tersebut.

Dulu, sebelum musibah kebakaran melanda pasar ini pada akhir 2015, ratusan pedagang pakaian berjualan di area basement Plaza Sukaramai.

Saat ini, pedagang ditampung di kios semi permanen yang dibangun di bagian luar gedung. Ada ribuan kios yang berjejer di kawasan ini. Selain pakaian, deretan penjual emas juga memenuhi lokasi ini.

Belasan hari menjelang lebaran, Pasar Sukaramai mulai dipadati pengunjung. Kepadatan bisa terlihat pagi hingga sore hari saat jam operasional pasar.

Kios semi permanen yang menjual berbagai produk tersebut menempati tiga ruas utama. Yakni kios yang berada di dekat Jalan Sudirman, Jalan Agus Salim, dan Jalan HOS Cokroaminoto.

Dibanding kios yang berlokasi di basement sebelumnya, belanja di kios sekarang sedikit lebih nyaman. Tempatnya lebih lapang dan selesa. Berbeda dengan tempat sebelumnya yang panas dan sumpek.

Di tempat ini pengunjung bisa bebas berkeliling pasar. Berbagai kebutuhan jelang lebaran ada di sana. Mulai dari baju, celana, tas, perhiasan, kain, dan sebagainya.

Lonjakan pembeli mendekati Idul Fitri dirasakan salah satu pedagang, yakni Haji Aung.

Pedagang asal Sumatera Barat yang sudah belasan tahun berjualan di Pasar Sukaramai tersebut mengaku, para pelanggannya dari berbagai sudah mulai berdatangan.

''Selain eceran, kita juga kan grosir di sini. Pelanggan-pelanggan tetap saya dari berbagai daerah sudah berdatangan," katanya kepada tripriau.com.

Haji Aung menuturkan, untuk tahun ini baju-baju gamis masih akan menjadi primadona. ''Tentu dengan model yang lebih baru,'' ujarnya.

Untuk mempersiapkan momen lebaran, pria berpeci putih ini sudah jauh-jauh hari menyetok barang. "Kita beli di (Pasar) Tanah Abang,'' sebutnya.

Penulis: Rio Sunera



Tags:  -