Peringatan Hari Lingkungan Hidup Nasional di Siak

Presiden Direncanakan Kunjungi Taman Nasional Zamrud

By Trip Riau  |  24 Juni 2016 15:35:48 WIB  |  News

Kawasan Taman Nasional Zamrud yang ada di Kabupaten Siak. (Dok.tripriau.com)

TRIPRIAU - Menjelang pelaksanaan rangkaian Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia Tingkat Nasional 2016 di Siak Sri Indrapura bulan depan, Pemkab Siak terus melaksanakan sejumlah kegiatan terkait kampanye lingkungan hidup dan menggesa sejumlah langkah persiapan.

Kamis siang (23/06/16),  Pemkab Siak menggelar rapat persiapan bersama jajaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLH) Republik Indonesia di Jakarta.

Rombongan Pemkab Siak dipimpin oleh Wakil Bupati Siak H Alfedri, tiba di gedung Manggala Wanabhakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI sekitar pukul 13.30 Wib.

Rombongan diterima oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLH) Siti Nurbaya Bakar dan Sekretaris Jenderal Bambang Hendroyono.

Sementara itu Wabup Alfedri didampingi Sekretaris Daerah H.T.S Hamzah, Asisten I Setda Fauzi Asni, dan sejumlah kepala SKPD, diantaranya Kepala Distamben Amin Budiyadi, Kepala Dinas Kehutanan Teten Efendi, Plt Kepala BLH Wan Fajri, Kabag Administrasi Pemerintahan L Budi Yuwono dan Kabag Umum Roni Rakhmat. 

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya Bakar menyatakan dukungannya pada Kabupaten Siak sebagai tuan rumah pelaksanaan Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Tingkat Nasional Tahun 2016 Juli mendatang.

Direncanakan, Presiden Joko Widodo turut menghadiri kegiatan nasional yang dalam sejarahnya baru pertama kali dilaksanakan diluar istana kepresidenan itu.

“Bapak Presiden pada prinsipnya menyatakan setuju untuk turut hadir. Jadi selamat buat Kabupaten Siak, semoga kegiatan ini nantinya dapat berjalan lancar sebagaimana harapan kita semua, ” ucapnya.

Sementara itu Sekjen Kementerian LKH Bambang Hendroyono mengatakan, pihaknya dalam beberapa kesempatan juga telah mempromosikan Kabupaten Siak sebagai tuan rumah pelaksana kegiatan nasional bidang lingkungan itu.

“Untuk persiapan daerah kami lihat dari A- Z sudah cukup baik, tinggal bagaimana merealisasikannya saja. Karena rencananya bapak Presiden juga hadir, rapat ini kita laksanakan untuk membahas langkah-langkah persiapan sedetil mungkin karena waktunya tinggal sekitar 1 bulan lagi, kegiatan ini juga sudah mulai kita informasikan ditingkat pusat,” kata Bambang.

Wabup Alfedri, menyambut gembira persetujuan Presiden Joko Widodo untuk hadir. Untuk itu dalam rapat persiapan itu ia melaporkan sederet persiapan yang sudah dilaksanakan  didaerah.

“Sempena Hari Lingkungan Hidup ini, di daerah kita juga sudah melaksanakan beberapa kegiatan sebagai bagian dari rangkaian Peringatan Hari Lingkungan Hidup Tingkat Nasional yang puncaknya akan dilaksanakan tanggal 23 Juli mendatang," terang Alfedri.

Dijelaskannya, beberapa bentuk kegiatan yang telah terlaksana itu diantaranya Upacara Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Kabupaten, Gotong royong massal masyarakat serentak diseluruh kecamatan dan desa, lomba mewarnai tingkat Taman Kanak-Kanak, dan lomba fotografi bagi awak jurnalis dan fotografer profesional dengan tema “Jelajah Pesona Taman Nasional Zamrud”.

“InsyaAllah nanti juga akan ada lomba karya tulis ilmiah, lomba insinyur cilik, seminar tentang lingkungan hidup, pameran lingkungan hidup dengan melibatkan Kabupaten dan Kota se-Provinsi Riau, sepeda santai, hingga puncaknya pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Tingkat Nasional 2016 bersama Bapak Presiden Joko Widodo,” terangnya.

Lanjut Alfedri, rencananya Presiden juga akan melakukan peninjauan Taman Nasional Zamrud dan Cagar Biosfer Giam Siak Kecil, pelepasan benih (restocking) 60 ribu bibit ikan patin dan ikan baung bersama 300 nelayan se-Kabupaten Siak. 

Sore harinya juga akan dilanjutkan dengan pencanangan Siak Kabupaten Hijau, serta penanaman 5000 batang pohon oleh Menteri LHK bersama para pelajar se-Kabupaten Siak di Kompleks Islamic Center Madinatul Ulum Sultan Syarif Hasim Siak Sri Indrapura.

Ditutup dengan Malam Puncak Anugerah Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia Tingkat Nasional 2016 di Lapangan Tengku Mahratu.  

Selain ekspos kesiapan kegiatan dan pelaksanaan sejumlah kegiatan, agenda rapat juga membahas tentatif susunan acara serta singkronisasi data undangan kegiatan, petugas pendamping dan penghubung, serta persiapan penyambutan Presiden.

Hasil rapat tersebut selanjutnya akan dilaporkan menteri LHK kepada Presiden di istana negara.(Rls)

Editor: Rio Sunera



Tags:  -