Enak dan Empuk Sop Buntut Bakar di Grand Elite Hotel

By Trip Riau  |  21 Juli 2016 11:01:22 WIB  |  Culinary

Sop Buntut Bakar hasil kreasi ahli masak Hotel Grand Elite Pekanbaru. (Rio Sunera / tripriau.com)

TRIPRIAU.com – Sop buntut menjadi salah satu menu yang wajib dicoba saat berkunjung ke Grand Elite Hotel Pekanbaru. Rasanya yang enak membuat sop buntut menjadi salah satu favorit tamu hotel sejak menu ini diluncurkan beberapa waktu lalu.

Selain Sop Buntut Goreng dan Sop Buntut Biasa, kelezatan Sop Buntut Bakar di hotel ini juga bikin penasaran.

Pengunjung bisa menikmati hidangan ini di Pepito Restaurant milik Grand Elite Hotel yang bernuansa cozy.

Grand Elite Hotel yang berlokasi di salah satu pusat bisnis strategis di Pekanbaru, tidak hanya menjadi tempat terbaik bertemu rekan bisnis. Tapi juga menjadi tempat seru mencicipi berbagai hidangan lezat.

Tak menunggu lama, seporsi Sop Buntut Bakar nan menggugah selera tersaji di atas meja. Terdiri dari sepiring sop buntut plus nasi putih, lengkap dengan lalapan dan semangkuk sop kuah segar sebagai pendamping. Semangkuk sop ini ditambahkan potongan wortel, kentang, tomat dan irisan daun seledri.

Sop Buntut Bakar ini cukup tasty di lidah. Dagingnya empuk, sebab menggunakan daging sapi pilihan dari New Zealand dan diolah secara tepat. Sapi jenis ini dipilih karena memiliki daging yang lebih empuk.

Sop buntut hasil kreasi ahli masak Grand Elite Hotel ini benar-benar empuk saat menyentuh lidah. Meski menggunakan kombinasi bumbu bakar yang sederhana seperti cabai merah, kunyit, bawang merah, bawang putih, dan santan, tapi dagingnya mampu menghadirkan cita rasa lezat.

Sop buntut ini sedikit didominasi rasa manis yang berasal dari bumbu kecap saat proses pembakaran. Nah, bagi penyuka pedas bisa mencocol dengan sambal hijau yang disajikan bersamaan di dalam mangkuk kecil. Sambal hijaunya merupakan campuran dari cabai rawit, cabai hijau, bawang putih, dan garam.

Nah, sebagai pendamping serta menambah kesegaran saat menyantap hidangan ini, sang chef juga menyajikan semangkuk sop segar. Kombinasi nasi, buntut, dan sop segar yang masuk ke mulut membuat selera makan jadi meningkat, sekaligus mengenyangkan.

Sous Chef Grand Elite Hotel, Aman mengatakan, rahasia enak dan empuk dari sop buntut ini terletak pada proses pengolahan.

Menurutnya, buntut sapi impor tersebut diolah dengan cara dipotong, lantas direbus dan disaring. ‘’Kemudian dibuang kotorannya, direbus lagi dan dibuang rebusan yang pertama sampai bersih. Terus, baru dimasukkan bumbunya,’’ kata Chef Aman.

Setelah rebusan yang pertama, Chef Aman kembali membuat rebusan baru yang prosesnya hampir sama dengan rebusan sebelumnya. Kemudian baru ditambahkan Merpoa, yang terdiri dari daun bawang, jahe, daun sop, cengkeh, dan kapulaga.

‘’Direbus sampai bumbu meresap ke dalam. Ketika buntut sudah masak, lantas disaring dan ditiriskan. Baru kemudian dipilih proses memasaknya. Mau di goreng, dibakar, atau sop buntut biasa,’’ jelasnya kepada tripriau.com.

Proses rebusan yang dilakukan berulang kali ini bertujuan membuat buntut sapi ini benar-benar bersih. Kandungan kolesterol pada bagian buntut yang dikenal cukup tinggi, juga bisa direduksi berkat pengolahan yang baik tersebut. ‘’Selain itu kita menyajikan lengkap dengan lalapan (untuk mengurangi kadar kolesterol),’’ ujar Chef Aman.

Menurut Chef Aman, menyantap Sop Buntut Bakar nan lezat bisa diimbangi dengan minuman seperti lemon tea. ‘’Setelah makan akan lebih pas bila ditutup dengan minuman yang asam untuk menambah kesegaran sekaligus menambah cita rasa,’’ ungkapnya.

Aneka sop buntut dari Grand Elite Hotel ini bisa ditemui kapan saja, dengan harga Rp 90.750 nett per porsi.  

Nah, Anda yang penasaran dengan menu sop buntut ini segera datang ke Grand Elite Hotel yang berlokasi di Kompleks Riau Business Center, Jalan Riau atau reservasi di: 0761-860988.

Penulis: Rio Sunera



Tags:  -