Cara Tivona Berbisnis Parfum

By Trip Riau  |  01 Agustus 2016 13:36:24 WIB  |  Business

Outlet Tivona yang berlokasi di Jalan Kavling, Pekanbaru.(Jalaluddin/tripriau.com)

PEKANBARU, TRIPRIAU.com – Masuk ke Pekanbaru pada 2007, Tivona Parfum konsisten untuk terus bermain di kategori premium. Sisi kualitas terus ditonjolkan oleh outlet parfum yang lahir 26 tahun lalu di Surabaya tersebut.

Salah satu kelebihan produk parfum dari Tivona adalah aman untuk kesehatan. ‘’Tapi, bukan orientasi kesehatan. Kalau orientasi, kan, biasanya untuk obat. Kalau di parfum kita biasanya aman untuk kesehatan,’’ kata Manajer Marketing Tivona Pekanbaru Boby Akmal kepada tripriau.com.

Boby menjelaskan, selama ini Tivona menggunakan campuran yang memang khusus untuk parfum dalam setiap produknya. Alkohol yang digunakan juga yang khusus untuk parfum, bukan untuk medis.

‘’Makanya ketika digunakan di tangan sendiri tidak menimbulkan rasa panas dan tidak menimbulkan rasa dingin. Istilahnya netral. Seperti tangan kena air,’’ jelasnya.

Ke depan, Tivona mencoba beranjak dari konsep parfum isi ulang. Dan beralih menggunakan brand dan kemasan sendiri.

‘’Sekarang, kan masih isi ulang. Isi ulang sengaja kita geser karena isi ulang kan kesannya cuma ngejar profit. Ke depan kita juga berusaha mengejar keamanan, kelayakan, dan kepuasan konsumen. Itu yang menjadi tujuan,’’ sebutnya.  

Selain dari sisi kesehatan, Boby menambahkan, pembeda Tivona dengan yang lain adalah kualitas produk.

‘’Pertama, orang bilang ketahanan. Kita gak bisa bilang itu dijamin 1-2 hari, cuma yang penting tergantung penggunaannya. Indoor atau outdoor,’’ sebutnya.

Boby menjelaskan, penggunaan parfum bisa diklasifikasikan berdasarkan kebutuhan dan gender. Misalnya saja, untuk pekerja marketing atau pemasaran yang lebih sering beraktivitas di luar ruang, maka disarankan menggunakan jenis parfum outdoor. Sementara, pekerja yang lebih banyak beraktivitas di dalam ruangan, bisa menggunakan yang indoor.

Sementara dari segi gender, tersedia 3 jani parfum yakni male, female, dan unisex atau untuk kedua-duanya.

‘’Kalau paham penggunaan ini konsumen gak akan ada yang ngeluh. Di sales counter kita coba untuk meningkatkan pelayanan, kita lakukan training yang tujuannya untuk pelayanan dan pemberian informasi,’’ ujarnya.

Saat ini, Tivona sudah memiliki 3 store di Pekanbaru, yakni di Jalan Kavling dan dekat Rumah Sakit PMC. Pelanggan bisa mendapatkan sekitar 400 item parfum di masing-masing store tersebut.

Penulis: Rio Sunera

 



Tags:  -