Mencari Nasi Timbel di Pekanbaru

By Trip Riau  |  01 Agustus 2016 16:37:39 WIB  |  Culinary

Nasi Timbel di Warung Nasi Timbel Jalan Abdul Muis, Gobah, Pekanbaru.(Dian Elyadri/tripriau.com)

PEKANBARU, TRIPRIAU.com - Nasi Timbel menjadi salah satu ikon masakan sunda. Sadar ataupun tidak, mungkin sebagian besar dari kita hanya kenal Nasi Timbel saat menyantapnya tanpa tahu asal-usul atau sejarah dari nasi timbel itu sendiri.

Nasi Timbel atau dalam Bahasa Sunda adalah Sangu Timeul adalah masakan Indonesia Khas Sunda, Jawa Barat. Nasi Timbel sama dengan nasi pada umumnya, akan tetapi nasi timbel dibungkus dengan daun pisang. Selain itu, nasi yang digunakan juga nasi yang Pulen, yakni tidak keras atau pera.

Pelengkapnya biasanya menggunakan pepes ikan, gepuk (empal), ayam, dan telur. Namun, yang pasti nasi timbel tidak dapat dipisahkan dari lalap dan sambal.

Khusus di Kota Pekanbaru, Warung Timbel makanan khas daerah Bandung ini dapat Anda temui di Jalan Abdul Muis, Gobah yang buka mulai pukul 7 pagi hingga pukul 4 sore.

Saat ini, beragam makanan menjadi daya tarik masyarakat Pekanbaru untuk berwisata kuliner. Pasalnya, pertumbuhan bisnis kuliner di Pekanbaru sangat pesat sekali.

Warung Timbel di kawasan Gobah ini cukup miring dari segi harga. Seperti dikatakan Manda, Owner Warung Timbel, ‘’Harganya cocok sekali untuk kalangan anak anak kuliah maupun mahasiswa, apalagi di sini dekat dengan kampus Universitas Riau (UR), dan tentunya banyak anak kos-kosan," ujarnya kepada tripriau.com, Minggu (31/07/2016).

"Harga Nasi Timbel hanya dibanderol Rp 13 ribu per porsi, sudah komplit termasuk Ayam goreng, tahu goreng, tempe goreng, dan tumis sayur. Dan kalau tanpa tahu dan tempe cukup seharga Rp 10 ribu porsinya. Selain itu tersedia juga nasi plus telor goreng hanya Rp 7.000 saja,’’ tambahnya.

Banyak menu unik dan murah lainnya disediakan di Warung Timbel ini. Ada nasi soto, nasi sop ayam, nasi timbel komplit, nasi timbel ayam, nasi timbel telor, nasi timbel ati ampela, nasi timbel tahu tempe, nasi goreng, bubur kacang hijau serta kue dan goreng.

Untuk harga hanya dibanderol mulai Rp 7 ribu hingga Rp 13 ribu per porsi. Makanan satu ini, selain enak, pastinya juga murah dan ramah di kantong. Penasaran? Yuk, cicipi kuliner warung timbel ini sekarang juga.

Penulis: Dian Elyadri

Editor: Rio Sunera



Tags:  -