Tol Pekanbaru-Dumai Dorong Ekonomi Riau

By Trip Riau  |  11 Agustus 2016 16:49:38 WIB  |  News

Seminar nasional tentang jalan tol. (Dian Elyardi / tripriau.com)

PEKANBARU, TRIPRIAU.com - Pada seminar Nasional dan diskusi mengenai ‘Percepatan Pembangunan Infrastruktur Jalan Tol Dorong Pertumbuhan Perekonomian di Provinsi Riau’, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengharapkan jalan tol Pekanbaru menuju Dumai dapat mendorong perekonomian Riau.

"Jika tol selesai, maka daya saing Provinsi Riau bisa meningkat dan Tol Pekanbaru-Dumai menjadi tol yang terbaik di pulau Sumatera,’’ ujarnya, Selasa (09/08/16). Pihak Pemerintah Provinsi Riau, Masperi mengatakan, Pemprov mendukung sepenuhnya jalan tol trans Sumatera ruas Pekanbaru-Dumai. Penetapan lokasi berada pada muatan RTRW Provinsi Riau.

"Pemprov akan memfasilitasi pembebasan lahan antara pemprov dengan pihak kabupaten/kota,’’ katanya.

Pada kegiatan seminar nasional tersebut, Dirut PT Hutama Karya, Ngurah Putra menambahkan bahwa survei infrastruktur Indonesia ada diurutan ke-62. Dikatakannya pada survei tahun 2007 hingga tahun 2015 peran wilayah dalam PDB Indonesia, pulau Sumatera ada diperingkat ke dua.

PT HK ditugaskan membangun delapan ruas tol Trans-Sumatera. Dalam acara, PT HP memberikan usulan kepada Pemrov Riau agar pemerintah dapat menyesuaikan tata ruang.

"Penyesuaian peraturan untuk mendukung percepatan pembangunan jalan tol. Tol Pekanbaru-Dumai sudah dilakukan pengukuran,’’ jelasnya.

Emma Sri Martini selaku Presiden Direktur PT SMI (Sarana Multi Infrastruktur) pada seminar tersebut mengatakan, terdapat 3 pilar bisnis PT SMI. PT SMI membantu pemerintah provinsi menyelesaikan proyek-proyek.

"Kesiapan sumber daya manusia pemda yang diperlukan adalah komitmen, kompetensi dan kuantitas,’’ harapnya.

Seminar Nasional dan diskusi tersebut berjalan dengan lancar. Seminar yang dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi Pemerintah Provinsi Riau dan juga dihadiri oleh sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah tersebut berlangsung dari pukul 1 siang hingga pukul 5 sore di Aryaduta Hotel Pekanbaru.

Penulis: Dian Elyardi

Editor: Rio Sunera



Tags:  -