Berburu Es Johor di Pekanbaru

By Trip Riau  |  17 Agustus 2016 16:24:08 WIB  |  Culinary

Segar dan lezatnya Es Johor yang berada di kawasan SPBU Arifin Ahmad Pekanbaru.(M. Ridho / tripriau.com)

PEKANBARU, TRIPRIAU.com – Butuh yang segar-segar untuk menghilangkan dahaga karena paparan sinar matahari dan panas terik yang saban hari menerpa Pekanbaru. Semangkuk Es Johor bisa menjadi pilihan. Tak hanya segar, tapi juga nikmat dan lezat.

Es Johor memang tak terlalu familiar bagi orang-orang Pekanbaru. Masyarakat di kota ini lebih mengakrabi es campur, es doger dan es teler yang cukup mudah ditemui. Es Johor yang sekilas mirip es campur tersebut, selama ini memang lebih dikenal di Kota Medan, Sumatera Utara.

Setahun belakangan, sebuah Gerai Es Johor berdiri di kawasan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Jalan Arifin Ahmad – Sudirman.

Diantara deretan kios-kios kecil yang berdiri di kawasan SPBU tersebut, Gerai Es Johor Pandau sering menjadi persinggahan orang-orang yang ingin mencicipi nikmatnya sajian es ini.

Saat singgah di gerai kecil itu, seorang pelayan segera menyajikan semangkuk Es Johor dan menghidangkan di atas meja. Semangkuk minuman dengan warna-warni isian terasa begitu menggoda.

Gerai Es Johor di Pekanbaru.(M.Ridho / tripriau.com)

Di bagian atas mangkuk, es serut, susu kental manis, dan susu bubuk berwarna cokelat seakan merepresentasikan rasa dari keseluruhan es ini.

Es Johor ternyata cukup kaya akan isian. Mulai dari agar-agar, jagung, nata de coco, kolang-kaling hijau, irisan nenas, dan buah kelengkeng. Kemudian, ditambahkan cairan gula dan santan.

Es Johor di gerai yang merupakan cabang dari Es Johor Pandau Permai ini punya rasa yang enak. Perpaduan rasa manis dari susu dan gula madunya cukup pas di lidah. Porsinya juga cukup banyak.

Sendok yang berada di tangan bergantian mengambil isian yang ada di dalamnya, merasakan satu demi satu tekstur dan rasa yang unik saat menyentuh lidah.

Dibanding es campur misalnya, perbedaan Es Johor terletak pada gula dan isiannya. Bila es campur menggunakan gula aren, maka Es Johor menggunakan gula madu. ‘’Nah, itu bedanya Es Johor ini. gulanya pakai gula madu. Bukan gula aren seperti es campur. Perbedaan lainnya ada di isiannya,’’ kata Dimas (21), karyawan Gerai Johor ini.

Es Johor ini bisa dinikmati dengan hanya merogoh kantong Rp 10 ribu. Di Gerai Es Johor ini, pengunjung juga bisa menikmati aneka minuman segar lainnya, seperti Es Bahru Durian, Es Buah, Es Rumput Laut, Es Campur Medan, Es Koteng Medan, Es Kolding, Es Shanghai, Es Mie Laksa, Es Tebak, Es Soto Buah, dan Es Cendol Ketan Durian.

Penulis: Rio Sunera



Tags:  -