Menikmati Es Cendol Durian yang Beda di Pekanbaru

By Trip Riau  |  22 Agustus 2016 13:50:59 WIB  |  Culinary

Es Cendol Durian di Kafe Teras 24, yang berada di Jalan Pattimura, Gobah, Pekanbaru. (Dian Elyardi / tripriau.com)

PEKANBARU, TRIPRIAU.com – Es Cendol jadi salah satu minuman tradisional paling familiar di Indonesia. Hampir tidak ada yang tidak mengenal minuman yang pada umumnya terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan ini. Rasanya sudah pasti manis dan gurih.

Es Cendol makin nikmat disantap dengan beragam campuran. Salah satunya durian. Wah, pasti rasanya makin menggigit.

Di Pekanbaru, tentu tak sulit menemukan minuman es cendol bercampur durian. Di kafe-kafe, serta gerobak pinggir jalan es cendol durian mudah ditemukan. Salah satunya ada di Kafe Teras 24, yang berada di Jalan Pattimura, Gobah, Pekanbaru.

Di kafe ini, Es Cendol Durian sudah ada sejak dua tahun yang lalu. Dikelola langsung oleh seorang pria yang akrab dipanggil Pak Dab, sekaligus owner atau pemilik warung Es Cendol Durian. Es cendol durian ini sedikit berbeda dengan es cendol durian yang banyak ditemukan. Es Cendol Durian Pak Dab memiliki tampilan menggugah selera dan tersusun secara cantik dan rapi.

"Kalau cendol durian lainnya, biasanya diaduk langsung dengan santan. Kalau saya dipisahkan mulai dari cendol, durian, pulut hitam, ampiang puluik (emping pulut). Baru disirami dengan santan,’’ ujar Pak Dab, kepada tripriau.com, Sabtu (20/08).

Pak Dab menjelaskan, kadang kebanyakan masyarakat ada yang suka dengan durian dan kadang juga banyak tidak menyukai ‘’si raja buah’’ ini. ‘’Jadi, dengan adanya pisahan ini konsumen dapat mencicipi masing masing campuran bahan es cendol durian. Selain itu membuat tampilan es cendol durian ini lebih bagus,’’ katanya.

Es Cendol Durian ini dibuat menggunakan gula aren asli, santan, cendol, dengan campuran durian, pulut hitam, ampiang puluik (atau emping) dan es parut yang diletakkan dibawah biar tampilannya lebih cantik. Harga yang ditawarkan es cendol durian ini tidak begitu berat di kantong. Harga per porsinya Rp 10 ribu.

Selain Es Cendol Durian, di Kafe Teras 24 Anda juga bisa menikmati  es campur seharga Rp 8.000, es kelapa muda yang dibanderol pergelasnya seharga Rp 5.000, dan es kelapa muda utuh dibanderol Rp 10.000.

Wah, murah bukan? Tentunya minuman yang disajikan di Kafe Teras 24 ini sangat cocok Anda nikmati saat ini. Melihat cuaca yang sangat panas khususnya di Kota Pekanbaru, Es Cendol Durian adalah pilihan tepat untuk Anda nikmati.

Penulis: Dian Elyardi



Tags:  -