Mengakrabi Rasa Soto Pekanbaru di Lime Restaurant

By Trip Riau  |  23 Agustus 2016 09:34:10 WIB  |  Culinary

Menu Soto Pekanbaru di Favehotel Pekanbaru.(Rio Sunera / tripriau.com)

PEKANBARU, TRIPRIAU.com – Dibanding Soto Padang atau Soto Medan misalnya, Soto Pekanbaru masih asing ditelinga. Termasuk bagi orang yang berdomisili di Pekanbaru. Biasanya, Soto Pekanbaru bisa dinikmati disalah resto yang sudah tutup dibilangan Jalan Sudirman. Sekarang beberapa chef hotel berbintang di Pekanbaru mulai berkreasi dengan hidangan satu ini.

Di Favehotel misalnya, Anda bisa menikmati sajian ini di Lime Restaurant yang berada di lantai 2. Soto Pekanbaru selalu hadir setiap hari di hotel yang berada di bawah jaringan Archipelago International tersebut.

Sekilas, tampilan Soto Pekanbaru ini mirip dengan Soto Medan. Kuah berwarna kuning pekat kelihatan memenuhi mangkuk. Isian di Soto Pekanbaru ini juga cukup beragam. Selain mi putih atau soun, ada telur rebus, irisan kentang goreng, emping, daun sop, bawang prei, irisan tomat dan ayam.

Paling unik dan menegaskan ciri khas Soto Pekanbaru adalah ikan selais goreng yang disajikan dalam hidangan ini. Ikan selais sendiri merupakan spesies endemik yang ada di Provinsi Riau.

Saat disantap, Soto Pekanbaru terasa enak dilidah. Kuahnya didominasi rasa segar dan keasaman. Aroma kincung atau biasa dikenal dengan kecombrang menghadirkan aroma wangi sekaligus cita rasa unik dari soto ini. Ebi atau udang halus membuat rasanya semakin kuat. Untuk menambah rasa pedas dari soto pekanbaru ini, bisa sedikit menambahkan cabai yang telah disediakan.  

Beragam rempah tradisional memperkaya cita rasa dari soto pekanbaru ini. Sang koki menambahkan kunyit, bawang merah, bawang putih, serai, serta daun jeruk.

‘’Seharusnya mi dalam soto pekanbaru ini menggunakan mi sagu. Tapi, kita belum ketemu dengan mi sagu yang pas,’’ kata Hadi, juru masak yang ada di favehotel saat berbincang dengan tripriau.com.

Berbeda dengan Soto Padang, kuah pada Soto Pekanbaru ini menggunakan santan. Namun, pengunjung bisa meminta santan untuk digantikan dengan susu. ‘’Bisa diganti susu (santannya), kalau mau. Biasanya banyak juga yang minta begitu,’’ kata Chef Hadi.

Seporsi soto pekanbaru di Favehotel Pekanbaru bisa dinikmati dengan merogoh kocek Rp 35 ribu.

Penulis: Rio Sunera

 



Tags:  -