Nonton Randai hingga Berburu Lemang, Kegiatan Seru Saat festival Pacu Jalur

By Trip Riau  |  25 Agustus 2016 11:14:53 WIB  |  News

Penjual Lemang di Pacu Jalur.(Dok.tripriau.com)

TRIPRIAU.com – Event wisata tahunan di Provinsi Riau Festival Pacu Jalur Tradisional 2016 akan berlangsung selama 4 hari, Kamis (25/8) – Ahad (28/8), di Tepian Narosa, Teluk Kuantan, Kuantan Singingi, Riau. Sebagai event budaya yang sudah berlangsung selama 112 tahun, Festival Pacu Jalur menawarkan banyak sekali daya tarik dan keunikan.

Selama Pacu Jalur berlangsung, kota Teluk Kuantan seketika menjadi lautan manusia. Puluhan, bahkan ratusan masyarakat berkumpul di kota yang dialiri sungai kuantan tersebut.

Lomba perahu terpanjang di bagian hulu Sungai Indragiri ini menjadi daya tarik utama pengunjung. Di sisi kiri dan kanan sungai, ribuan orang berjubel menyaksikan keriuhan acara budaya yang sangat mengakar bagi masyarakat Kuansing tersebut.

Nah, selain menikmati jalur-jalur terbaik berlaga di Tepian Narosa, banyak kegiatan-kegiatan seru yang bisa dilakukan selama festival ini digelar. Berikut kami rangkumkan 3 kegiatan serunya:

  1. Menonton Randai Kuantan

Randai Kuantan menjadi salah satu tradisi seni yang begitu melekat pada masyarakat Kuantan Singingi. Pada tiap ajang Festival Pacu Jalur Tradisional di Tepian Narosa, tradisi ini selalu ditampilkan.

Randai yang ditampilkan pada malam hari ini selalu menyedot perhatian pengunjung. Mereka menonton hingga berjoget bersama hingga larut malam. Biasanya Randai ditampilkan di Lapangan Limono, kota Teluk Kuantan. Beberapa kali juga sempat digelar di kawasan terminal angkutan yang berada tak jauh dari lapangan Limono.

Anda bisa datang dan menikmati Randai Kuantan dan mendokumentasikannya sebagai oleh-oleh dari Festival Pacu Jalur.

  1. Berburu Lemang

Lemang menjadi salah satu kekayaan kuliner Kuantan Singingi. Makanan yang berasal dari pulut ini tak bisa dipisahkan dari pacu jalur. Saat Festival Pacu Jalur di Tepian Narosa, Kota Teluk Kuantan penjual lemang dengan mudah ditemui.

Anda bisa berburu panganan satu ini di deretan pedagang yang berjualan di dekat arena pacu jalur. Di kawasan ini, ibu-ibu penjual lemang berjejer menawarkan lemang-lemang batangan yang berbalut bambu.

  1. Berburu Oleh-oleh Miniatur Jalur

Berburu oleh-oleh khas Kuansing juga jadi kegiatan seru selama menikmati pacu jalur di Teluk Kuantan. Salah satunya adalah membeli oleh-oleh berupa miniatur pacu jalur.

Saat puncak Festival Pacu Jalur digelar di Tepian Narosa, penjual-penjual miniatur pacu jalur musiman juga bermunculan di sekitar arena pacu jalur.

Miniatur pacu jalur ini biasanya dijual dengan harga beragam. Yang biasa dan berukuran kecil biasanya dijual mulai dari Rp 25 ribu. Sementara yang ukuran besar dan berbalut kaca dijual lebih mahal, sekitar Rp 250 ribu.

Penulis: Rio Sunera

 

 

 



Tags:  -