8 Tips Agar Tidak Salah Memilih Durian

By Trip Riau  |  26 Agustus 2016 10:18:53 WIB  |  News

Aktivitas penjual durian di Jalan Sudirman, Pekanbaru.(Dok.tripriau.com)

TRIPRIAU.com – Buah durian selalu bisa ditemukan sepanjang tahun di Pekanbaru. Di kota ini, ‘’king of fruits’’ seakan tak mengenal musim.

Kawasan Jalan Sudirman, menjadi salah satu tempat terkenal dan favorit berburu durian di Pekanbaru. Namun, saat musim durian tiba, buah dengan cita rasa lezat ini bisa ditemui hampir sepanjang jalan.

Nah, bagi kebanyakan orang memilih durian yang pas susah-susah gampang. Harus jeli memilih durian yang baik, manis, dan tebal.

Berikut kami sajikan 7 tips yang mungkin berguna bagi pembaca saat nanti membeli buah durian:

1. Lihat Tangkainya

Durian yang jatuh dari pohon tangkainya bergerigi. jika terlihat rata atau seperti dipotong, ada kemungkinan durian itu dipetik sebelum masak dan disimpan terlebih dahulu. Selain itu, Congkel sedikit kulit tangkainya dengan kuku, kalau kulitnya tebal, maka daging buahnya pun tebal juga. Kalau bagian dalam kulitnya kuning, maka warna daging buahnya pun kuning juga.

2. Perhatikan Kulitnya

Jika kulit terlihat berduri jarang dan besar-besar bisa dipastikan durian itu berdaging padat, tapi jika durian berkulit kecil dan durinya berjarak dekat, daging durian pasti lembek.

3. Pilihlah Yang Ringan

Durian yang berat biasanya masih mentah, isinya terlalu berair atau bahkan busuk.

4. Jangan Lupa Dipukul - pukul

Jika terdengar suara “bluk-bluk” bergema,itu tandanya durian sudah matang.tapi bila terdengar bunyi “plek-plek”itu tandanya durian belum matang.

5. Guncangkan

Jika ada terasa sesuatu yang berguncang di dalam, berarti daging buahnya berjenis kering. Itu tandanya bagus.

6. Pilihlah Yang Berjuring Lima

Buah durian memiliki juring (kamar-kamar) yang diisi biji dan daging buah. Juring bisa dilihat dari permukaan kulitnya, berupa garis dari bagian atas sampai bagian bawah. Durian yang ideal memiliki lima juring karena daging buah biasanya lebih banyak ketimbang durian yang memiliki 6 juring atau lebih.  

7. Ambil Yang Bulat

Bentuk bulat menandakan daging buahnya besar dan banyak.durian lonjong atau tidak bulat biasanya hanya memliki daging buah sedikit.

8. Cium Baunya

Saat memilih durian, dekatkan hidung dan cium baunya, jika baunya kuat, kemungkinan besar buahnya manis dan matang. Tapi jika sudah tidak bau lagi, kemungkinan buahnya sudah masuk angin yang membuat rasanya jadi hambar.

Sumber: Peutrang.blogspot.co.id
Editor: Rio Sunera



Tags:  -