3 September 2016 , Xpress Air Terbang Perdana Rute Pekanbaru – Matak PP

By Trip Riau  |  02 September 2016 20:14:10 WIB  |  Business

Xpress Air buka rute Pekanbaru – Matak PP. (Xpress Air for tripriau.com)

PEKANBARU - Maskapai swasta nasional Xpress Air Siap menambah rute baru penerbangan domestik, Pekanbaru-Matak melalui Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri pergi pulang (PP) dua kali sepekan terhitung mulai 3 September 2016 besok. 

"Terhitung 3 September 2016 ini, kita akan terbangi rute baru yakni Pekanbaru-Matak via Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah di Tanjung pinang,’’ demikian ungkap Kepala Stasiun Xpress Air Cabang Pekanbaru, Rizon Jayadi melalui siaran pers kepada tripriau.com, Jumat (2/9). 

Menurut Rizon, saat ini, pihaknya mengklaim telah mendapatkan surat izin slot time atau jadwal penerbangan dari bandara asal yakni Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II maupun bandara tujuan yakni Bandara Matak terdapat di Kecamatan Palmatak, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau. 

Bandara di Kepulauan Anambas tersebut memiliki ukuran landasan pacu sepanjang 1.929 meter dengan lebar 45 meter, sehingga cocok bagi pendaratan pesawat jenis  Dornier 328-100 yang di miliki xpressair. 

"Kami ingin membuka isolasi antara warga di Riau dengan Anambas karena di wilayah kepulauan tersebut, ternyata banyak warga asli provinsi ini terutama berasal dari Kabupaten Kampar hidup di pulau itu," jelas Rizon dilansir antarariau. 

Selain itu, Manager Business Development xpressair Jakarta, Fanny Andri juga mengungkapkan Xpress Air ingin menyasar pasar terutama para pekerja minyak dan gas bumi serta pariwisata.

Sebab wilayah Kepulauan Anambas yang berada paling ujung di Pulau Sumatera ini, pernah disebut-sebut sebagai pulau tropis terindah nomor wahid se-Asia Tenggara.

Dan Potensi pariwisata bahari belum banyak tersiar baik dalam dan luar negeri itu cukup sulit dicapai karena mayoritas akses menuju pulau terdapat beberapa objek wisata pantai indah dengan daya tarik air laut jernih, hanya mengandalkan kapal laut milik PT Pelni beberapa kali dalam sepekan dari pelabuhan di Kota Tanjungpinang. 

Tercatat dari rentang tahun 2005 - 2010, maskapai badan usaha milik daerah yakni Riau Airlines menggunakan pesawat jenis Fokker 50 mencoba menghidupi rute domestik tersebut dengan melayani Pekanbaru-Tanjungpinang-Matak pergi pulang beberapa kali dalam sepekan. 

"Nantinya, kami melayani penerbangan dengan operasikan pesawat kecil jenis Dornier tipe 328-800 berkapasitas 32 kursi penumpang dengan harga masih dihitung sampai saat ini,’’ ucap Fanny Andri. 

Sementara itu Direktur Komersial Xpress Air, Swandono Poernomo mengatakan, Xpress Air melakukan ekspansi usaha di Kota Pekanbaru sejak akhir tahun lalu dengan menerbangi dua rute domestik sekaligus.

‘’Tepatnya 18 Desember 2015 lalu, Xpress Air mulai melakukan penerbangan perdana dengan rute Pekanbaru-Palembang dan Pekanbaru-Tanjungpinang dengan menggunakan pesawat Dornier 328-100 berkapasitas 32 kursi," katanya.

Editor: Rio Sunera



Tags:  -