Sajian Menggoda Seblak Kang Bewok di Pekanbaru

By Trip Riau  |  05 September 2016 22:12:21 WIB  |  Culinary

Seblak (Dian Elyardi / tripriau.com)

PEKANBARU, TRIPRIAU.com - Sudah pernah mencicipi Seblak? Jajanan khas Bandung satu ini sedang diminati masyarakat Kota Pekanbaru. Bentuk, tekstur dan rasanya yang pedas akan membuat lidah seakan enggan berhenti menikmati.

Untuk menemukan kuliner yang unik dan super pedas ini, Anda cukup mengunjungi Seblak Kang Bewok yang berada di Jalan Belimbing, Pekanbaru. Hidangan lezat ini bisa dicicipi dengan sajian yang panas, sehingga sangat terlihat segar untuk disantap.

Owner Seblak Kang Bewok, Alam yang akrab disapa Kang Bewok mengatakan, seblak miliknya sudah ada sejak tahun 2012. ‘’Awalnya di Tanjung Pinang, lalu membuka cabang di Pekanbaru pada tahun 2015,’’ katanya kepada tripriau.com, Senin (5/09/16).

Kang Bewok, ternyata merupakan seorang pengamat sekaligus pecinta kuliner. ‘’Jadi selama 12 tahun di Bandung saya mengamati jajanan kuliner khas Bandung ini. Dan saya merupakan pecinta masakan Indonesia. Dengan seringnya mengamati kuliner Indonesia, saya terinspirasi membuat resep sendiri
tanpa meniru resep orang lain,’’ ceritanya.

Kang Bewok menjelaskan, seblak adalah kuliner yang diolah dari kerupuk . ‘’Seblak itu sebenarnya adalah bumbu kencur pedas. Karena ini makanan pedas jadi dikasih kencur untuk mengurangi rasa pedasnya. Itulah namanya seblak. Pada dasarnya seblak itu adalah bumbu kencur,’’ katanya menerangkan.

Untuk kerupuk yang dipilih, lanjutnya, semua ragam kerupuk bisa dijadikan olahan seblak. ‘’Untuk memudahkan membuat kuliner seblak ini, carilah kerupuk jangan terlalu tipis dan juga jangan
terlalu tebal. Selain itu, tidak perlu mencari kerupuk yang mahal. Harus pintar-pintar untuk mencari kerupuk yang cocok diolah menjadi seblak,’’ katanya lagi.

Untuk Seblak Kang Bewok, menyediakan seblak dari kerupuk udang, kerupuk bawang dan kerupuk macaroni. "Kerupuk macaroni yang saya gunakan merupakan kerupuk macaroni goreng bukan macaroni sop,’’ jelasnya.

Untuk menu seblak, seblak komplit merupakan seblak yang paling laris. Bumbu pedasnya diolah dari cabe asli yakni cabe setan dari Pulau Jawa. Tidak memakai maicin dan pedasnya hanya terbuat dari cabe rawit saja.

‘’Untuk kerupuknya saya rendam dulu agar tidak lengket dan tetap direbus biar kenyal. Habis itu direndam lagi dengan air dingin. Awalnya sempat tidak yakin, tapi akhirnya seblak yang saya buat selalu habis. Untuk ceker, saya menghabiskan 8 hingga 10 kilogram ceker perharinya,’’ sebutnya.

Kang Bewok menghadirkan 3 pilihan menu seblak yakni seblak kering, seblak becek dan seblak banjir. Untuk harga, tidak perlu khawatir, harga Seblak Kang Bewok ini cukup ramah di kantong. Untuk harga seblak ini hanya dibanderol Rp 10.000 hingga Rp 12.000 per porsi.

Dan untuk pilihan pedasnya, Anda bisa pilih sesuai selera. Tersedia Level pertama yakni tidak terlalu pedas yaitu level ‘menggoda’, level ke-2 yakni ‘merisaukan’, level ke-3 yaitu ‘membingungkan’, level ke-4 yaitu ‘menyesal’, dan level ke-5 merupakan level yang sangat pedas yaitu
‘menyerah’.

Wah, penasaran bukan. Yuk, segera cicipi kuliner khas Bandung ini. Kang Bewok juga menyediakan
layanan delivery dengan menghubungi ke nomor: 085264990099.

Penulis: Dian Elyardi
Editor: Rio Sunera

 



Tags:  -