International Coffee Day

Barista di Pekanbaru Akan Berbagi 1.000 Cup Kopi Gratis

By Trip Riau  |  26 September 2016 16:24:28 WIB  |  News

International Coffee Day

PEKANBARU, TRIPRIAU.com – Cerita tentang kopi tak akan ada habisnya. Minuman hitam pekat ini begitu unik dan punya sejuta cerita. Di Pekanbaru misalnya, kopi sangat berkembang. Coffee shop tumbuh subur. Begitu juga penikmat kopi: Semakin banyak.

Perkembangan itulah yang membuat sekumpulan barista alias peracik kopi di kota Pekanbaru tergugah. Melalui kegiatan International Coffee Day mereka ingin agar masyarakat tahu lebih dalam tentang kopi.

International Coffee Day akan digelar pada Minggu, 2 Oktober 2016. Atau sehari setelah peringatan hari kopi internasional yang diperingati setiap 1 Oktober. Sekitar 30 barista dari berbagai coffee shop di Pekanbaru bakal terlibat di acara ini.

‘’Acara ini sebenarnya untuk mengedukasi masyarakat Pekanbaru mengenal kopi lebih dalam. Kopi di Pekanbaru begitu berkembang. Terutama dari sisi pertumbuhan coffee shop yang sekarang berjumlah sekitar 60. Itu sudah menggambarkan ketertarikan masyarakat Pekanbaru terhadap kopi,’’ kata ketua pelaksana Dwi Cahya Mardhan Saputra kepada tripriau.com, Jumat (23/8).

Cahya menambahkan, pada kegiatan nanti sesama barista dari berbagai coffee shop di Pekanbaru akan saling berbagi. ‘’Untuk saling mempererat. Ini bisa jadi awal yang bagus,’’ sebutnya.

Kegiatan yang digelar di Kompleks Perkantoran Mega Asri, Jalan Arifin Achmad ini akan diramaikan dengan pameran mesin pembuat kopi dan manual brewing. Nantinya, para barista juga membagikan 1.000 cup kopi gratis kepada pengunjung.

Pengunjung bebas mencicipi kopi jenis apa saja, serta metode yang digunakan untuk meraciknya. ‘’Dan selagi menyeduh itulah kita edukasi masyarakat,’’ tambahnya.

Sisi lain edukasi kepada masyarakat dan penikmat kopi adalah mengajarkan minum kopi tanpa gula. Pengunjung bisa membedakan mana kopi buatan mesin dan mana yang manual brewing.

‘’Harapannya, kopi di Pekanbaru semakin berkembang. Semakin maju. Masyarakat Pekanbaru juga saling kenal. Kalau kenal kita jadi tahu. Barista dan coffee shop makin erat,’’ tutupnya.

Penulis: Rio Sunera



Tags:  -