Advertorial

Disparekraf Gelar Pembinaan Periklanan untuk Tingkatkan Industri Periklanan

By Trip Riau  |  04 Oktober 2016 13:00:30 WIB  |  News

Praktisi periklanan asal Yogyakarta Andika Dwijatmiko menyampaikan materi periklanan. Foto: Rio Sunera / tripriau.com

PEKANBARU, TRIPRIAU.com – Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau menggelar kegiatan ‘’Pembinaan Periklanan Provinsi Riau 2016’’, 3 - 7 Oktober, di Pekanbaru. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelaku dan industri periklanan di Provinsi Riau.

Sekitar 30 peserta dari kabupaten/kota serta kampus yang ada di Riau mengikuti kegiatan tersebut. Selama lima hari, para pemateri yang berasal dari praktisi periklanan, akademisi, hingga media massa akan membimbing para peserta untuk mampu menghasilkan sebuah produk iklan kreatif. Diantaranya, Andika Dwijatmiko (Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia), Nita Rimayanti (Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Riau), dan Neno Tresno (televisi lokal Riau).

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau Fahmizal ST MSi dalam sambutannya menyampaikan, konsep ekonomi kreatif di era ekonomi baru saat ini mengandalkan kekuatan informasi dan kreativitas.

‘’Kalau dulu berbasis sumber daya alam, saat basisnya beralih ke sumber daya manusia. Dari era pertanian ke teknologi,’’ sebut Fahmi dalam sambutannya yang disampaikan Kepala Seksi Media, Desain, dan Teknologi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Raja Hendra Saputra.

’Pembinaan Periklanan Provinsi Riau 2016 yang digelar 3-7 Oktober 2016. Foto: Rio Sunera

Fahmi melanjutkan, periklanan menjadi bagian dari 16 subsektor ekonomi kreatif yang bertujuan untuk mempromosikan berbagai produk.

Dia berharap, dari pembinaan yang dilakukan Disparekraf ini, kualitas pelaku dan industri perikanan di Riau semakin baik, serta dapat bersaing secara nasional.

‘’Manfaatkan kegiatan ini secara maksimal. Sehingga, output berupa kreativitas dapat berjalan, serta menghasilkan karya iklan yang terbaik,’’ pesannya kepada peserta.

Sementara itu, praktisi periklanan asal Yogyakarta Andika Dwijatmiko dalam materinya mengatakan, bahwa segala kreativitas berawal dari ide.

Sekitar 30 peserta dari kabupaten/kota serta kampus yang ada di Riau mengikuti kegiatan pembinaan periklanan ini. Foto: Rio Sunera / tripriau.com

‘’Ide bisa beragam, dan kita juga bisa menyampaikan dengan beragam cara. Jadi, jangan remehkan ide,’’ katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Andika juga menyampaikan arti penting logo dan branding dalam perkembangan sebuah perusahaan atau daerah.

Menurutnya, syarat logo yang bagus adalah original dan desctinctive, legible, simpel dan sederhana, serta easily associated with the company. ‘’Yakni logo yang baik akan mudah dihubungkan atau diasosiasikan dengan jenis usaha atau citra perusahaan,’’ sebutnya.

 

Penulis: Rio Sunera



Tags:  -