Tips Menabung Untuk Traveling ala Anak Kos

By Trip Riau  |  13 Oktober 2016 10:41:57 WIB  |  News

Dengan uang bulanan yang terbatas mahasiswa juga bisa melakukan traveling. (doc. tripriau.com)

TRIPRIAU.com - Traveling sering dijadikan alasan orang-orang untuk rajin menabung. Namun, menabung tidak sekedar menyimpan uang, beberapa pertimbangan perlu dilakukan agar cita-cita berlibur bisa tercapai.

Niat untuk menyisihkan uang jajan demi traveling adalah hal yang paling utama. Meskipun hanya backpacker, namun perjalanan juga memerlukan biaya yang tak sedikit. Sehingga diperlukan perencanaan yang jelas saat menabung untuk liburan.

Mungkin bagi mahasiswa dengan uang bulanan yang terbatas traveling adalah sebuah mimpi “besar” yang harus di simpan sampai nanti merasa punya penghasilan yang lebih untuk mewujudkan impian ini.

Terlebih buat anak kos dengan uang saku yag pas-pasan.Melakukan traveling ke tempat-tempat seru pasti menjadi salah satu mimpi yang ingin diwujudkan.  Nah, berikut ada beberapa tips menabung untuk travelling impian ala anak kos.

  1. Buat anggaran belanja

Buatlah anggaran sebelum anda menerima kiriman uang dari orang tua. Dengan demikian anda mempunyai rencana bagaimana agar pengeluaran anda tidak melebihi uang kiriman orang tua.

Prioritaskalah pengeluaran wajib terlebih dahulu dengan mengutamakan setoran tabungan, setelah itu baru sewa kos dan seterusnya. Dengan menabung di depan, mudah2an anda tak akan mendapat kesulitan untuk menabung.

  1. Tentukan target ketat bagi pengeluaran harian. Misal, dalam sehari kamu cuma boleh menghabiskan uang Rp 20.000,00 – an.

Percaya atau tidak cara paling mudah namun juga paling jarang dilakukan oleh mahasiswa adalah dengan berdisplin soal pengeluaran hariannya. Padahal untuk bisa berjalan-jalan dengan uang bulanan yang terbatas kamu harus berprinsip, “Menabung semaksimal mungkin dan mengeluarkan seminimal mungkin”. Dengan menetapkan berapa budget hariankamu akan mulai berdisplin dalam mengatur uang.

  1. Supaya tidak tergoda gesek sana-sini, tarik uang secara mingguan. Saatnya kartu ATM-mu di‘museumkan’

Kedengarannya memang aneh tapi ini bisa jadi terjadi pada kamu tanpa disadari. Ketika membawa kartu ATM ke mana-mana kamu menjadi kurang berdisplin dalam mengatur uang karena berpikir, “Ah nanti kalau ada apa-apa bisa ambil di ATM”.

Kebiasaan semacam ini meskipun terlihat sederhana namun mempengaruhi keberhasilan kamu dalam mengumpulkan uang untuk berlibur.

Jika kamu telah mengambil uang untuk seminggu dan menyimpan kartu ATM di lemari akan membiasakan kamu untuk tidak mengeluarkan uang untuk hal-hal yang sebenarnya tidak perlu. Misalnya saja tiba-tiba ngelihat sale tas langsung beli karena merasa masih punya uang di ATM dan tinggal gesek.

  1. Tabung 10-30 % dari uang bulanan

Definisi menabung adalah menyisihkan sebagian uang untuk disimpan agar biasdigunakan kelak. Ada tiga hal yang harus ditekankan:

Pertama, menabung harus dilakukan di awal kamu mendapatkan uang, dan bukan saat akhir bulan karena sisa uang yang kamu telah gunakan.

Kedua, tabunglah sebesar 10-30% dari total uang yang kamu dapatkan. Jangan lebih dari itu!

Ketiga, tabung uang tersebut di tabungan yang terpisah.

  1. Jangan muluk-muluk menetapkan destinasi. Rencanakan dulu perjalanan yang dekat. Karena traveling bukan cuma soal tempat

Traveling itu bukan masalah tempat kok, asal kamu bisa merasa senang dan mendapat value baru dari perjalanan kamu, maka itu namanya kamu telah sukses berjalan-jalan.

Merencanakan perjalanan yang jauh tentu memerlukan dana yang tidak sedikit pula. Alhasil jika kamu hanya berkonsentrasi dengan masalah tempat kamu tidak akan jalan-jalan karena sibuk menabung. Berjalan-jalan ke kota yang berada di dekat tempat tinggalmu adalah sebuah rencana perjalanan sederhana yang sama menyenangkannya.

Penulis: Natalina Pakpahan

Editor: Rio Sunera



Tags:  -