Pelantikan Perhumas Riau

Gubernur Riau Kenalkan Wisata Riau dan ‘Riau Go IT’

By Trip Riau  |  15 Oktober 2016 19:08:52 WIB  |  News

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman pada acara Perhumas Riau. (Jalaluddin / tripriau.com)
TRIPRIAU.com – Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menghadiri kegiatan pelantikan BPC Perhimpunan Hubungan Masyarakat (Perhumas) Riau, Sabtu (15/10), di Hotel Grand Elite Pekanbaru. Pada kesempatan itu, Gubri memaparkan potensi pariwisata Riau dan program ‘Riau Go IT’ yang dilaunching beberapa waktu lalu.
 
Gubri memulai pemaparannya dengan memutarkan video wisata Riau. Video berdurasi sekitar 3 – 5 menit tersebut merangkum beberapa potensi pariwisata di Riau. Mulai dari destinasi hingga berbagai iven-iven besar di Bumi Lancang Kuning.
 
Dalam pemaparannya Andi Rachman menyampaikan, pemerintah daerah mulai serius menggarap sektor pariwisata. Terutama, dalam rangka mencari solusi dari turbulensi ekonomi global yang juga berpengaruh ke Provinsi Riau.
 
‘’Berbagai komoditas seperti minyak, kelapa sawit, karet mengalami penurunan. Apalagi ‘mainan’ Riau selanjutnya. Kita lihat, kita punya empat aliran sungai besar. Banyak nilai cagar budaya di sana. Ini bisa kita jadikan untuk mendongkrak ekonomi,’’ jelasnya.
 
Menurut Andi, saat ini kabupaten dan kota yang ada di Riau mulai berlomba-lomba menggerakkan sektor pariwisata. Geliatnya sudah terasa dari tingginya mobilisasi masyarakat. Berbagai iven wisata yang bisa menambah jumlah kunjungan wisatawan juga sudah mulai digelar dibeberapa daerah.
 
Dihadapan ratusan peserta yang hadir, Gubri juga bercerita tentang program ‘Riau Go IT’ yang dilaunching bertepatan dengan perayaan ulang tahun Provinsi Riau beberapa waktu lalu. ‘’Agak dipaksa memang (Riau Go IT). Tapi, kita harus memulai,’’ katanya.
 
Gubri menambahkan, melalui ‘Riau Go IT’ aplikasi di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada sudah terintegrasi pada November mendatang. Di mana, saat ini ada sekitar 80 aplikasi terintegrasi. ‘’Berkat program ini, kita juga sudah berhasil melakukan efisiensi di APBD sebesar 13 persen untuk belanja langsung. Itu angka yang sangat besar,’’ sebutnya.  
 
Penulis: Rio Sunera
 
  


Tags:  -