Cara Mahasiswa LP3I Belajar Bisnis: Kunjungi Pameran dan Belajar Agrobisnis

By Trip Riau  |  15 Oktober 2016 21:27:33 WIB  |  News

Mahasiswa LP3I belajar berwirausaha melalui pameran. (Muhammad Ridho / tripriau.com)

TRIPRIAU.com - Mengunjungi kegiatan pameran menjadi salah satu cara mahasiswa LP3I mengembangkan kemampuan berwirausaha. Kegiatan lapangan ini berguna untuk melengkapi pengetahuan yang didapat di ruang kelas.

Salah satu yang dijadikan media pembelajaran adalah pameran bazar yang ada di lokasi Musabaqah Tilawatil Quran, di Mesjid Raya An-Nur, Pekanbaru.

Puluhan mahasiswa LP3I dilibatkan dalam kegiatan tersebut. Khususnya mahasiswa Jurusan Office Management dan Informatika Komputer.

Pembimbing mata kuliah Smartpreneur di LP3I Ricky Ariandi menyampaikan, dalam kegiatan ini mahasiswa bisa belajar mempromosikan produk melalui ajang pameran.

''Kita ajak anak-anak berwirausaha dengan mengikuti pameran. Bagaimana mereka belajar tentang pameran. Apa saja yang perlu ditampilkan pada pameran. Misalnya harus punya kartu nama, album, dan berinteksi dengan pengunjung,'' tutur Ricky.

Pada pembelajaran luar kelas tersebut, mahasiswa diajak mengenal dan memahami tentang produk agrobisnis, yakni buah Tin.

"Kita fokus pada tanaman yang terkandung dalam Al-Quran, yakni buah delima, madu, dan buah tin,'' sambung Ricky.

Ricky melanjutkan, mengunjungi pameran sangat penting untuk mengenalkan produk secara offline.

"Jadi, kita bisa perkenalkan tanaman tin. Ternyata variannya banyak, bentuk buah variatif, warna dan tekstur juga. Kita juga perkenalkan khasiat daun dan buahnya," ujar Ricky yang berlatar belakang pengusaha properti ini.

Antusiasme mahasiswa terlihat dalam kegiatan itu. Tanaman Tin yang tergolong langka ini membuat mahasiswa penasaran.

Mahasiswa juga mendapatkan pengetahuan cara mencangkok buah Tin langsung dari salah satu petani Tin di Pekanbaru.

Tak hanya itu, dari pelajaran agrobisnis ini mahasiswa juga bisa menemukan ide-ide usaha.

Evi Purwanti misalnya. Mahasiswi Office Management ini merasa mendapatkan ide-ide baru tentang wirausaha.

"Gimana cara buka usaha. Dengan ide-ide baru. Sebelumnya gak tau tentang Tin ini. Tapi sekarang jadi tau. Dan bisa dikembangkan juga," katanya kepada tripriau.com.

Penulis: Rio Sunera



Tags:  -