Jajanan Tradisional ‘Putu Bambu’, Lezat Disantap Kala Hangat

By Trip Riau  |  17 Oktober 2016 19:03:42 WIB  |  Culinary

Putu Bambu Medan Semoga Sukses. (Herdi Amdika Deap)

TRIPRIAU.com – Jajanan atau panganan tradisional seringkali menghadirkan rasa rindu. Keunikan cita rasa, proses pengolahan, serta suasana yang dihadirkan dengan gerobak-gerobak dikala malam, membuat jajanan ini banyak dicari. Salah satunya, Putu Bambu.

Bila sedang berada di Pekanbaru, jajanan ‘Putu Bambu Medan Semoga Sukses’, bisa menjadi tujuan untuk berburu kudapan ini. Merek dagang Putu Bambu ini sudah eksis di Pekanbaru hampir satu dekade.

Seperti namanya, putu merupakan makanan yang terbuat dari tepung beras dan irisan gula jawa, lantas dimasak dalam bambu yang sudah dikemas sedemikian rupa. Tak lupa diberi parutan kelapa untuk menciptakan rasa yang khas.

Saat mendatangi ‘Putu Bambu Medan Semoga Sukses’, kita tak hanya menemukan kudapan putu saja. Outlet ini juga menjual berbagai macam makanan tradisional lainnya seperti cenil, klepon, lumpang, dan lopis. Sementara putunya terdiri dari tiga jenis, yaitu putu bambu, putu ayu dan putu mayang.

Harga yang ditawarkan juga relatif murah. Hanya bermodalkan Rp 10.000 saja Anda bisa memilih untuk menikmati delapan buah dari berbagai makanan tradisional ini.

Seperti pedagang cemilan lainnya, outlet ini hanya menggunakan gerobak saja dan mangkal di satu tempat.

Putu Bambu Medan Semoga Sukses yang berada di Jalan Nangka, Pekanbaru. (Herdi Amdika Deap)

‘’Saya berjualan di sini karena memang banyak yang lewat, jadi ya rezekinya itu ada di sini,’’ ujar Edy Saputra pemilik Putu Bambu Medan Semoga Sukses.

‘’Awalnya putu bambu ini resep dari nenek moyangnya istri saya, jadi saya di sini sudah kurang lebih delapan tahun lamanya berjualan putu dan kue-kue yang lain,’’ katanya kepada tripriau.com.

Jika Anda ingin mencoba jajanan yang satu ini, bisa datang langsung ke Jalan Nangka. Bila Anda masuk dari Jalan Paus, maka Anda akan menemukannya di sebelah kiri tepatnya di depan Asus Service Center.

Aneka jajanan tradisional ini bisa jadi teman yang menyenangkan, apalagi jika disantap hangat-hangat. Putu bambu dan makanan tradisional yang dijajakan di sini terasa begitu lembut dengan rasa campuran manis dan gurih yang alami. Apalagi aneka putu yang mengandung gula jawa serta parutan kelapa yang alami tanpa ada campuran pewarna.

 

Penulis: Herdika Amdika Deap

Editor: Rio Sunera



Tags:  -