Menikmati Ayam Penyet Hingga Tulang-tulangnya di Warung Ayam Gemulai

By Trip Riau  |  20 Oktober 2016 10:54:57 WIB  |  Culinary

Menikmati Ayam Penyet Hingga Tulang-tulangnya di Warung Ayam Gemulai. (www.tokomesin.com)

TRIPRIAU.com - Bila menyantap ayam penyet tulangnya pasti akan Anda buang, bukan? Tapi, di warung makan Ayam Gemulai, Anda bisa menghilangan cara lama tersebut. Ayam penyet nan khas ini bisa disantap hingga tulang-tulangnya.

Ayam bertulang lunak racikan Pak Joko ini memang bisa dimakan hingga ke tulang-tulangnya. Bukan hanya tulang yang kecil saja, namun tulang yang besar pun bisa ikut dimakan. Rasa dari ayam ini pun sangat enak, bumbunya terasa hingga ke tulang, apalagi sambalnya yang semakin menambah rasa sedap dari ayam ini.

‘’Jadi, sebenarnya nama Ayam Gemulai itu disarankan oleh salah satu mahasiswa di Universitas Riau. Karena dulu saya bukanya di Kampus Unri, bukan di sini. Sekalian jadi security balai bahasa juga,’’ jelas Pak Joko, si pemilik warung Ayam Gemulai kepada tripriau.com.

Nah, bicara soal tulang yang empuk, terpikirkah Anda bagaimana empuk dagingnya? Ibarat kata, kakek nenek pun tak perlu susah-susah mengunyah. Itulah kelebihan dari ayam gemulai buatan Pak Joko.

Ayam gemulai dibuat menggunakan kuali khusus, dengan suhu khusus dan tentunya dengan bumbu yang khusus pula. Hingga tulang menjadi lunak dan bentuknya pun tidak hancur. Dengan cara masak seperti inilah dapat membuat bumbu meresap hingga ke tulang.

Jika Anda ingin mencoba masakannya Pak Joko, Anda bisa langsung datang ke Jalan Manyar Sakti. Kalau Anda masuk dari Jalan Subrantas, Ayam Gemulai dapat ditemukan di sebelah kanan, dengan cat berwarna biru langit tepatnya di sebelah gerai fotocopy. Warung Ayam Gemulai ini buka dari pukul 09.30 WIB hingga pukul 20.00 WIB.

Harganya pun sangat bersahabat, apalagi untuk mahasiswa. Hanya bermodalkan Rp 13.000 Anda bisa menyantap ayam gemulai bagian punggung, sayap atau dada ditambah dengan nasi dan teh es. Untuk paha cukup dengan harga Rp 12.000 saja.

Wah, sangat murah bukan? Jika Anda pergi ke tempat yang sederhana ini, Anda dapat menonton televisi yang terletak di dalam ruangan. Penasaran rasanya menikmati ayam yang bisa di santap hingga ke tulang-tulangnya? Cicipi langsung kelezatannya di warung Ayam Gemulai.

 

Penulis: Herdi Amdika Deap

Editor: Rio Sunera



Tags:  -