9 Menu Korea di Minichef yang Wajib Dicicipi

By Trip Riau  |  21 Oktober 2016 14:29:27 WIB  |  Culinary

Menu Korea di Minichef. (Teresia Marbun)

TRIPRIAU.com - Saat ini, Korea tidak hanya terkenal dengan K-Pop-nya, masakannya pun banyak digemari oleh masyarakat di berbagai penjuru dunia. Selain itu, masakan atau kuliner Korea memang sangat banyak jenisnya. Mulai dari kuliner istana yang pembuatannya rumit hingga makanan khusus dari daerah-daerah serta perpaduan dengan masakan modern.

Kuliner Korea sudah banyak sekali yang mendunia, bahkan di kota Pekanbaru juga sudah banyak tempat yang menyediakan menu Korea.

Salah satu tempat asyik dan paling pas untuk menikmati menu Korea adalah di Kantin Miniceft, yang berlokasi di Jalan Melur,belakang Ramayana Robinson Panam.

Berikut adalah sembilan jenis masakan khas Korea yang paling digemari di Kantin Minicheft. Simak ulasan berikut ini :

  1. Jjajangmyeon

Jjajangmyeon merupakan hidangan berupa mie yang dicampur dengan saus kedelai hitam kental,bakso,sosis, dan sayur-sayuran. Mie yang digunakan untuk membuat jjangmyeon adalah mie olahan Minichef sendiri. Kemudian bumbu yang disajikan langsung dari Korea.Namun ada tambahan racikan-racikan ala Minichef tersebut. Sebelum memakannya Jjajangmyeon perlu diaduk rata seperti halnya makan mie ayam.

  1. Neogori Ramyeon

Ramyeon ini merupakan mie korea yang cukup popular.Hal ini dikarenakan Ramyeon  sangat sering muncul di berbagai film korea. Biasanya Ramyeon ini di makan secara unik, yakni makan langsung dengan panci atau tutup pancinya. DanRamyeon ini mempunyai rasa pedas, dengan kuah yang kental dan mempunyai mie berukuran agak besar.Sehingga cocok untuk mengenyangkan perut yang lapar.

Kelezatan menu Korea yang ada di Minichef. (Teresia Marbun)

  1. Bibimbap

Bibimbap ini merupakan nasi campur ala korea yang terbuat dari nasi putih dan aneka macam sayuran serta saus sambal. Untuk penyajiannya, bibimbap disajikan dalam mangkuk dengan nasi putih dibawah dan diatasnya sayuran disusun sedemikian rupa. Agar warnanya terlihat kontras dan menarik, baru diaduk-aduk saat akan dimakan.

  1. Odeng

Adonan Odeng ini sama seperti otak-otak  yang terbuat dari ikan yang ada di Indonesia . Odeng disajikan dengan menusuk adonan tepung ikan itu dalam sebuah tusuk sate. Selain menggunakan kaldu, Odeng juga bisa dimakan dengan saus, khususnya saus kedelai. Odeng  bermacam-macam bentuknya, ada yang panjang seperti sosis, ada yang pipih dan ditusuk berlipat-lipat. 

  1. Tteokbokki

Tteokbokki merupakan makanan yang mirip dengan makanan khas Jepang yaitu Sushi. Tteokbokki yang pendeknya disebut 'tteok' berbentuk batang. Tteokbokki terbuat dari tepung beras yang dimasak dengan bumbu gochujang, bumbu khas Korea.Dengan rasa pedas-manis dan sering kali dimasukkan kedalam berbagai bentuk hidangan khas Korea.

Kalau soal rasa pedas-manis, tentu orang Indonesia sangat mengenalinya karena terdapat pada berbagai macam hidangan Indonesia seperti  Ayam Pedas Manis, dan masih banyak lagi.

      6. Kimbap mie

Menu satu ini seperti sushi yang berisikan mie, nugget, telur, dan mentimun digoreng terlebih dahulu kemudian digulung dengan rumput laut dan dibalut nori.

  1. Kimchi

Kimchi merupakan masakan asinan yang terbuat dari sayuran yang difermentasi dengan aneka macam bumbu dan biasanya memiliki rasa pedas dan asam. Biasanya, jenis sayuran yang dibuat kimchi adalah sawi, wortel dan lobak. Kemudian bumbunya sudah diberi garam dan rempah-rempah lainnya.

Pada umumnya, kimchi selalu dibuat dalam jumlah besar sekaligus karena makanan ini bisa tahan lama. Sayuran yang difermentasikan biasanya minmal 4 hari karena semakin lama disimpan dengan baik semakin enak karena asamnya keluar.

Beragam menu mi juga ada di Kantin Minichef. (Teresia Marbun)

  1. Scary Samyang

Samyang adalah mie instant dari korea seperti ramyeon. Namun ramyeon disajikan berkuah dan samyang berbentuk mie goreng ekstra pedas  dengan menggunakan lada merah korea. Biasanya orang yang tidak suka pedas, bumbunya hanya setengah dibuat.

  1. Shang-wo atau shabu-shabu

Makanan ini sering dikenal orang Indonesia Shabu-shabu yang terbuat dari seafood, sayur-sayuran dan jamur. Cara penyajiannya, diatas kompor gas kecil  yang diletakkan di tengah-tengah meja makan serta sumpit untuk memudahkan memasak dan mencelupkan bahan-bahan makanan yang sudah disediakan.

Penulis: Teresia Marbun

Editor: Rio Sunera



Tags:  -