Cantiknya...Mesjid Agung Madani di Negeri Seribu Suluk

By Trip Riau  |  02 November 2016 14:25:41 WIB  |  News

Mesjid Agung Madani Islamic Center. (http://mamicrohul.or.id)

TRIPRIAU.com - Kabupaten Rokan Hulu Riau, Riau yang dijuluki Negeri Seribu Suluk punya sebuah ikon berupa mesjid yang sangat cantik dan megah. Biasa disebut dengan Mesjid Agung Madani Islamic Center.

Mesjid ini didirikan di ibukota Rokan Hulu, yakni Pasir Pengaraian. Mulai dibangun pada tahun 2008 dan diresmikan pada 6 Agustus 2010 oleh Bupati Rokan Hulu ketika itu, Drs H Achmad.

Disebutkan,pembangunan mesjid ini memakan biaya hingga Rp 400 milyar dan dapat menampung sekitar 20.000 ribu jamaah.

Mesjid ini memiliki desain seperti Mesjid Nabawi di Madinah. Mesjid ini memiliki 4 menara yang tingginya 66 meter dan satu menara yang tingginya 99 meter. Dari atas menara ini kita bisa melihat pemandangan kota Pasir Pengaraian.

Interior nan megah dari Mesjid Agung Madani Rokan Hulu. (http://mamicrohul.or.id)

Sampai saat ini banyaknya turis lokal yang berkunjung untuk melihat keindahan dan kemegahan mesjid ini. Bahkan, Mesjid Agung Madani ini dikunjungi oleh berbagai turis mancanegara yang bertujuan untuk wisata religi. Adapun turis tersebut datang dari berbagai negara, diataranya dari negeri jiran Malaysia.

Masjid Agung Madani Islamic Centre Rokan Hulu ini menjadi salah satu mesjid termegah di Provinsi Riau. Mesjid ini mengoleksi batu hias dari berbagai lokasi di dalam dan diluar negeri.

Mesjid yang menjadi ikon kabupaten Rokan Hulu ini dihiasi lampu gantung seberat 2 ton dari Italia, serta berbagai batu hias. Selain itu juga dilengkapi batu oksi dari Jawa Timur, batu akik dari Kalimantan dan Turki, batu chris topas dari Jawa Barat dan Batu Kalimaya dari Banten.

Mesjid Agung Madani tampak malam. (http://mamicrohul.or.id)

Selain itu, kaca lampu gold spectrum dari Amerika menambah cantik mesjid ini. Sementara pada bagian sisi terdapat rantai yang menyimbolkan persatuan umat islam, 8 tombak Abu Bakar Assiddiq, 8 bilah pedang Sabilillah Khaidir Ali, 16 busur panah Syaidina Ali Bin Abi Tholib ditambah dengan bunga Kusuma yang melambangkan kejayaan Islam yan dikelilingi kaligrafi bertulisan 99 Asmau Husna, surat Al-Fatihah , Al-Kafirun dan surah Al-Nas.

 

Penulis: Rota Bimantara (dari berbagai sumber)

Editor: Rio Sunera



Tags:  -