Siswi SMA Cendana Pekanbaru Angkat Wisata Bono dan Pacu Jalur di Lomba Essai UGM

By Trip Riau  |  03 November 2016 16:03:58 WIB  |  News

Kasi Pemasaran Disparekraf Riau Yul Achyar saat menerima rombongan siswi dan guru pembimbing SMA Cendana Pekanbaru di Cerita Baru Center, Rabu (3/11). (Muhammad Ridho / tripriau.com)

TRIPRIAU.com – Fenomena Ombak Bono dan festival Pacu Jalur menarik minat siswi SMA Cendana Pekanbaru untuk diangkat dalam lomba essai dan poster tentang  Geo Pariwisata, yang digelar Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada, Jogjakarta.

Guna menambah wawasan, para siswi didampingi guru pembimbing mengunjungi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau, di Kompleks Purna MTQ, Pekanbaru, Rabu (3/11) pagi.

Di sana, para siswi mendapatkan informasi dan pemaparan tentang Bono dan Pacu Jalur dari Kepala Seksi Pemasaran Disparekraf Yul Achyar.

Dalam perlombaan tersebut, SMA Cendana akan mengirimkan 2 tim. Masing-masing akan menulis essai tentang fenomena Ombak Bono di Pelalawan dan festival perahu tradisional di Kuantan Singingi.

Salah seorang peserta, Rahmi Putri Atria (16) mengatakan, dirinya tertarik untuk menulis essai tentang Bono karena memiliki hubungan dengan bidang studi.

Nanti essai dengan panjang maksimal 5 halaman ini difokuskan penulisannya pada wisata yang berkelanjutan dan ekonomi kerakyatan.

‘’Sesuai materinya kan pariwisata yang suistanable dan ekonomi kerakyatan. Selama ini kan orang ke sana hanya untuk surfing aja. Nah, kita berusaha mencari solusi pengembangan ekonomi yang bisa dilakukan di sana,’’ tutur Rahmi yang bakal menulis bersama rekannya Bunga Fitri Sartika (16).

Sementara itu, guru pembimbing Mursyida menjelaskan, para siswi yang terpilih ini akan mengikuti lomba nasional tentang geografi di Universitas Gadjah Mada. Salah satu perlombaannya adalah menulis essai tentang pariwisata di daerah masing-masing. ‘’Ada 2 tim dan 2 objek wisata yang kita tulis,’’ sebutnya.

‘’Kita datang ke Disparekraf dalam upaya menggali informasi dan menambah wawasan. Sebab, kita belum pernah langsung ke sana (Bono). Harapannya, dari penulisan essai ini, anak-anak mampu berfikir kritis dan memberikan solusi,’’ ungkapnya.

Penulis: Rio Sunera

  



Tags:  -