Cara Riau Kembangkan Pariwisata: Libatkan Komunitas

By Trip Riau  |  29 November 2016 14:24:56 WIB  |  News

Beberapa komunitas mobil mengiuti trip ke Teluk Meranti dalam acara Bono Jazz Festival 2016. (Muhammad Ridho / tripriau.com)

TRIPRIAU.com – Komunitas menjadi salah satu elemen penting dalam sinergi Penta Helix yang dirumuskan dan dirancang Kementerian Pariwisata untuk mewujudkan Indonesia sebagai destinasi kelas dunia (world class destination).

Riau yang saat ini tengah serius mengembangkan potensi pariwisatanya juga mengadopsi konsep ini. Dalam beberapa kegiatan promosi pariwisata, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau selalu melibatkan komunitas.

Diantaranya adalah kegiatan ‘Riau Menyapa Dunia’’ di Kemenpar, yang memanfaatkan komunitas sebagai buzzer agar menjadi trending topic di media sosial.

Selain itu, Disparekraf juga aktif menggandeng komunitas dalam beberapa  kegiatan seperti famtrip, Riau Tourism Exploring Tour ke Siak-Bengkalis, Candi Muara Takus di Kampar, serta Bono di Pelalawan.

Kadisparekraf Riau Fahmizal ST MSi menyampaikan, saat ini Riau mencoba pola baru dalam promosi pariwisata.

‘’Sesuai dengan konsep Penta Helix dari Kementerian Pariwisata, yaitu pemerintah, akademisi, dunia usaha, media, dan komunitas. Kita juga lakukan itu,’’ tutur Fahmi.

Penulis: Rio Sunera

 

 

 pengembangan pariwisata nasional.

Untuk mewujudkan Indonesia sebagai destinasi kelas dunia, Kementerian Pariwisata merancang dan merumuskan sebuah sinergi yang disebut Penta Helix.  



Tags:  -