Wisata Kuliner Durian di Pekanbaru? Ini Harganya

By Trip Riau  |  05 Desember 2016 15:21:11 WIB  |  City Guide

Seorang penjual durian sedang memilihkan durian untuk pembelinya. (Doc. tripriau.com)

TRIPRIAU.com - Durian kini menjadi salah satu oleh-oleh yang sering dibawa bila bepergian ke luar kota Pekanbaru. Meskipun Pekanbaru minim kebun durian, tetapi sejumlah pondok durian di Jalan Sudirman tak pernah putus menyediakan buah yang memiliki aroma khas ini.

Salah satu pondok durian yang selalu ramai dikunjungi pembeli adalah Fifa Pondok Durian. Tia, salah satu karyawan Fifa Pondok Durian mengaku stok buah diperoleh dari daerah di luar Pekanbaru seperti Sumbar dan Medan.

“Setiap hari selalu ada suplai buah segar di Fifa Pondok Durian, kadang dari Sumbar kadang dari Medan. Kebetulan musim di kedua tempat tersebut berbeda, jadi ganti-gantian kita order suplai buahnya,’’ ungkap Tia kepada tripriau.com, (29/11/2016).

Fifa Pondok Durian selalu memiliki stok buah paling sedikit 300 buah sampai 500 buah perhari. Pelanggan Fifa Pondok Durian tidak hanya penikmat buah saja, tetapi beberapa dari kalangan usaha.

Untuk urusan harga, biasanya ditentukan dari ukuran buah duriannya. Semakin besar buah, semakin mahal harganya. Untuk ukuran standar, Fifa Pondok Durian biasanya mematok harga paling rendah Rp 50 ribu perbuah dan paling besar sampai Rp 90-100 ribu perbuah. Dengan harga segitu, pelanggan diberi jaminan apabila buah busuk atau tidak manis bisa di tukar dengan buah lain.

Khusus paket oleh-oleh, Fifa Pondok Durian maupun pondok durian lainnya yang berjejer di Jalan Sudirman biasanya menyediakan beberapa jenis paket menurut ukuran wadahnya.

Hanya durian terbaik yang dipilih untuk mengisi paket oleh-oleh ini. Daging durian disusun sampai wadah penuh kemudian wadah dipress dengan lem untuk mengendapkan udara dalam wadah sehingga aman saat dibawa ke luar kota.

Untuk paket paling kecil (paket no 8) dibandrol dengan harga Rp 175-200 ribu, paket nomor 9 seharga Rp 250 ribu, paket nomor 10 dengan harga Rp 325-350 ribu.

Sedangkan untuk paket paling besar dibandrol dengan harga Rp 400 ribu. Harga ini bisa saja bertambah atau bahkan kurang tergantung negosiasi pembeli dan penjual, semakin banyak yang dibeli biasanya penjual mau memberikan potongan harga.

Salah satu keuntungan membeli paket oleh-oleh ini, selain mudah dibawa ke mana-mana baik menggunakan mobil maupun pesawat, juga karena daging buah duriannya dijamin daging buah durian yang terbaik.

Jadi, pembeli pada umumnya tidak merasa rugi meski harus mengeluarkan uang saat memilih membawa durian sebagai buah tangan.

Untuk pembeli yang makan di tempat, biasanya menikmati durian dengan campuran ketan. Harga untuk 1 porsi ketan yakni Rp 8 ribu saja. Selain itu, di Fifa Pondok Durian juga memanjakan konsumen dengan beberapa makanan olahan durian seperti pancake durian, daging durian, jus durian, sop durian, es cream durian serta cendol durian. Masing-masing makanan olahan durian ini juga dibandrol dengan harga yang cukup bersahabat.

Nah, bagi anda penggemar durian, jangan khawatir tidak bisa menikmati durian kapan saja. Meskipun tidak musim durian, stok buah durian dijamin tidak pernah habis di Fifa Pondok Durian yang beralamat di Jalan Jenderal Sudirman no 502-a ini.

Penulis : Natalina Pakpahan

Editor : Rio Sunera



Tags:  -