Melayu Food Festival, Upaya Mengenalkan Kuliner Lokal

By Trip Riau  |  16 Desember 2016 09:06:30 WIB  |  News

Melayu food festival di Jalan Cut Nyak Dien, Pekanbaru. (Robi Juliasmara)

TRIPRIAU.com - Setelah sukses menyelenggarakan festival kuliner Riau bertajuk “Sagu Menyapa Dunia”, Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kembali menggelar acara yang bertujuan mengenalkan kuliner Riau bertajuk “Melayu Food Festival”, 10-11 Desember 2016, di Pekanbaru.

Kegiatan yang berpusat di Jalan Cut Nyak Dien ini dibuka oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman.

Kadisparekraf Riau Fahmizal ST MSi melalui Kepala Seksi Pemasaran Yul Achyar menyampaikan, kegiatan ini diselenggarakan untuk mengenalkan kembali jenis-jenis kuliner Riau yang mulai hilang dari peredaran kepada khalayak umum.

‘’Hal ini dikarenakan hidangan atau jajanan khas Melayu biasanya hanya ada pada saat acara-acara penting, seperti pernikahaan, acara adat, dan sebagainya,’’ kata Yul Achyar.

Acara yang berlangsung selama dua hari ini dimeriahkan oleh beberapa kegiatan, seperti lomba menghias makanan,lomba memasak,demo masak, kontes fotografi, dan sebagainya.

Untuk kegiatan demo memasak sendiri, diadakan di Hotel Mutiara Merdeka dan menghadirkan dua chef  kenamaan Jakarta yakni Chef Aiko dan Rudy.

Festival kuliner ini diikuti oleh perwakilan kabupaten/kota yang ada di Provinsi Riau dan beberapa pelaku UKM makanan.

‘’Untuk masalah antusiasme, bisa dikatakan cukup lumayan, contohnya saja banyak masyarakat yang sudah lalu lalang dan memborong beberapa produk kuliner. Harapan saya untuk tahun depan bisa lebih besar dan lebih ramai lagi,” ujarnya Yul Achyar.

 

Penulis: Robi Juliasmara

Editor: Rio Sunera



Tags:  -