Ada Kopi Arabika dan Robusta, di Riau Ada Kopi Liberika

By Trip Riau  |  22 Desember 2016 11:32:45 WIB  |  News

Kopi Liberika Meranti, dengan brand Abedeen. (Dok. tripriau.com)

TRIPRIAU.com – Sebagian kita hanya mengenal kopi Arabika dan Robusta. Tapi, di Riau, tepatnya di Kabupaten Kepulauan Meranti juga tumbuh jenis kopi lainnya, yakni Liberika.

Kopi jenis Liberika ini berasal dari Liberia, Afrika Barat dan merupakan jenis kopi terbaik. Bahkan, lebih baik dari kopi jenis Arabika dan Robusta.

Kopi Liberika dari Kepulauan Meranti mulai 'naik daun', terutama setelah mendapatkan penghargaan sebagai hasil pertanian terbaik dari Dirjen Kekayaan Intelektual Nasional, Juli 2016 lalu. 

Padahal, sudah lebih dari tiga dekade kopi liberika menjadi salah satu komoditas unggulan di kawasan pesisir tersebut.

Uniknya, selama 37 tahun petani kopi di sana tak mengetahui jenis kopi yang mereka tanam. Sampai akhirnya, tahun 2010 Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) Bogor datang dan melakukan penelitian.

Hasil penelitian mereka menyebut jenis kopi di Meranti adalah Liberika.

Salah seorang petani kopi di Kepulauan Meranti Nyoto (53) menceritakan, kopi liberika mulai dibudidayakan di daerahnya pada tahun 1979. Kopi ini dibawa masuk oleh tiga orang tetua di sana yang baru pulang dari Malaysia, masing-masing bernama H Yasin, H Yusuf, dan Kadir.

‘’Ketiga orang tua inilah yang menurut cerita membawa kopi liberika ke tempat kita. Ternyata yang mereka bawa jenis kopi terbaik,’’ cerita bapak 3 anak, warga Desa Minasempian, Kecamatan Rangsang Pesisir ini.

Penulis: Rio Sunera

 



Tags:  -