Tapal Outdoor Bidik Pasar Mahasiswa

By Trip Riau  |  05 Januari 2017 10:09:04 WIB  |  Business

Tapal Aoutdoor. (Ismarwan)

TRIPRIAU.com - Pasar mahasiswa dinilai Tapal Adventure cukup potensial dalam memasarkan perlengkapan outdoor-nya. Lokasi sekitar kampus pun akhirnya dipilih untuk mengoptimalkan penjualan.

Sejak 7 tahun yang lalu, Tapal Adventure pun membuka gerainya di Jalan Bina Krida, Panam. Di sebuah kawasan yang memang identik sebagai pusatnya kost-kostan mahasiswa Universitas Riau.     

Di outlet inilah, Tapal Adventure menjual berbagai perlengkapan untuk penghobi kegiatan luar ruang, seperti camping, climbing, dan traveling. Tapal Outdoor hadir menyediakan berbagai macam perlengkapan  alat-alat outdoor untuk kegiatan luar ruangan tersebut.

Bila diperkecil lagi, segmentasi pasarnya tentulah para mahasiswa pecinta alam yang memang rutin melakukan berbagai kegiatan luar ruang. 

Pemilik toko Tapal Adventure Nofriansyah (33) mengaku, dia sengaja menekuni bisnis ini karena sebelumnya juga suka berkegiatan alam. “Awalnya saya suka naik gunung. Dari yang Sumatera sampai keluar, terfikirlah membuat usaha alat outdoor ini,” kata Nofri.

Nofri menceritakan,ketertarikan membuka bisnis alat-alat outdoor ini memang dimulai dari hobinya mendaki gunung.

 “Ini usaha pribadi saya, rencananya akan buka cabang, disekitaran kampus juga, UIR dan UIN,” tambahnya.

Kegiatan luar ruang, diakui, memang sedang menjadi tren saat ini. Untuk memaksimalkan sisi penjualan, Tapal Adventure juga memanfaatkan pemasaran online. Salah satunya memasarkan produknya di marketplace seperti, Bukalapak.com dan Tokopedia. 

Tapal Adventure juga berusaha mengoptimalkan revenue bisnisnya dengan membuka jasa penyewaan alat seperti tenda, matras, kompor, sleeping bag dan alat-alat outdoor lainnya.

Tapal Adventure menjual produk yang cukup beragam, terutama daribrand alat-alat outdoor yang telah dikenal oleh para penggiat alam. Seperti Eiger, Arei, Consina, Forester dan Lafuma dengan jenis bermacam-macam peralatan.

Beberapa perlengkapan yang dijual yaitu,seperti tas gunung (caril), sepatu, kaus, matras, tenda dan kebutuhan alat outdoor lainnya.

Tapal Adventure juga memiliki brand sendiri yang baru rampung yaitu kaos dan matras ber label “Tapal Adventure”.

‘’Rencananya akan ditambah dengan alat lain seperti hammock, dan sleeping bag.Tidak kalah saing dengan merek ternama, brand dari Tapal Adventure juga mempunyai kualitas yang bagus dengan harga yang miring,’’ ujarnya.  

Penulis: Ismarwan

Editor: Rio Sunera



Tags:  -