UKM Harus Kuasai Pemasaran Digital

By Trip Riau  |  09 Januari 2017 11:11:59 WIB  |  Business

Ricky Ariandi. (Arsip Pribadi)

TRIPRIAU.com – Di Era digital, para pelaku usaha terutama skala kecil dan menengah harus menguasai pemasaran digital. Pemasaran digital sangat penting dalam upaya menjangkau pasar yang lebih luas guna mengoptimalkan sisi penjualan.

Masalahnya, masih banyak pelaku usaha yang belum sepenuhnya paham tentang pemasaran digital atau digital marketing ini. Sebagian pelaku usaha dinilai masih mengandalkan strategi offline dalam memasarkan produknya.

Selama ini, pemasaran daring atau dalam jaringan belum begitu membudaya di kalangan pengusaha kecil dan menengah yang ada di Pekanbaru. Kalaupun ada yang menggunakan channel online dalam menjual produknya, biasanya belum dikelola secara optimal.

Pengajar mata kuliah entrepeneur Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I) Pekanbaru Ricky Ariandi menuturkan, banyak pelaku UKM yang belum mengerti ilmu tentang pemasaran digital.

‘’Saya melihat banyak yang belum tahu ilmunya. Sebab, online memiliki kerumitan sendiri dalam menjalankannya,’’ jelasnya.

Ricky menambahkan, paling tidak ada tiga pembagian dalam pemasaran digital yang harus dikuasai pelaku usaha. Antara lain, pengetahun cara berjualan di marketplace, penjualan di social media, serta penjualan di website (owned media) milik sendiri.   

‘’Ada beberapa kendala yang mungkin banyak ditemui (pelaku usaha), yakni pengetahuan yang belum cukup terkait jasa digital marketing, pengetahuan yang belum cukup untuk mempelajari sendiri digital marketing, dan pengetahuan dan keyakinan untuk memanfaatkan digital marketing,’’ ujarnya.

Pelaku usaha juga dituntut aktif dalam mencari dan mempelajari ilmu digital marketing.

‘’Cobalah untuk berada dalam lingkaran atau komunitas yang sudah menggunakan digital marketing. Tujuannya adalah untuk memotivasi dan meningkatkan kemampuan tentang digital marketing,’ kata Ketua Onein20 Movement (OIM) Pekanbaru tersebut.

Penulis: Rio Sunera 

 

 



Tags:  -